DEDE YULIANSYAH

13.230.0035

TUGAS MAKALAH PTI

 

 

TATA RUANG KOMPUTER

 

 

Perusahaan yang ingin membangun infrastruktur jaringan computer, biasanya meminta batuan kepada perusahaan penyedia solusi jaringan computer. Perusahaan penyedia solusi jaringan computer ini merekomendasikan beberapa produk pembentuk infrastruktur dari berbagai vendor, mulai dari hardware ( perangkat keras ) seperti computer, media penyimpanan data, peralatan jaringan, serta software dan aplikasi-aplikasi pendukung.

Untuk ini saya akan merancang suatu jaringan computer pada suatu kantor yang di bagi menjadi 2 ruangan dan satu server. Masing-masing ruangan tersebut adalah ruangan kantor dan laboratorium computer. Pada lab terdiri dari 30 komputer dan 4 komputer di ruang kantor. Gambar dari denah kantor beserta ukurannya dapat diliat di gambar d bwah ini :Perusahaan yang ingin membangun infrastruktur jaringan computer, biasanya meminta batuan kepada perusahaan penyedia solusi jaringan computer. Perusahaan penyedia solusi jaringan computer ini merekomendasikan beberapa produk pembentuk infrastruktur dari berbagai vendor, mulai dari hardware ( perangkat keras ) seperti computer, media penyimpanan data, peralatan jaringan, serta software dan aplikasi-aplikasi pendukung.

Untuk ini saya akan merancang suatu jaringan computer pada suatu kantor yang di bagi menjadi 2 ruangan dan satu server. Masing-masing ruangan tersebut adalah ruangan kantor dan laboratorium computer. Pada lab terdiri dari 30 komputer dan 4 komputer di ruang kantor. Gambar dari

1. Sketsa denah ruangan



Sketsa denah jaringan



3. Alamat IP computer



Biaya yang diperlukan



5. Biaya pemasangan



Pada jaringan ini di siapkan sebuah server. Server adalah sebuah computer yang menyediakan file. Sumber daya atau layanan tertentu yang diperlukan dalam sebuah jaringan. Biasanya computer yang dipakai sebagai server memiliki spesifikasi perangkat keras khusus dan lebih tinggi dari komputer-komputer lain yang ada di jaringan tersebut. Jaringan skala kecil umumnya hanya memilki sebuah server, namun untuk jaringan dengan skala besar dapat memiliki dua server atau lebih. Dan client adalah computer yang bukan server. Jika server menyediakan file, sumberdaya, layanan tertentu, maka client adalah computer yang meminta,file,sumberdaya, atau layanan dari server.

Jika kemudian ada istilah”client/server” maka istilah tersebut merujuk pada sebuah system jaringan yang memiliki minimal sebuah server dan beberapa client. Misalkanya saja ada istilah “aplikasi database client/server” maka artinya adalah sebuah server yang menyimpan file-file database dan aplikasi pada client hanya dapat berjala apabila telah mendapatkan infromasi dari database yang ada di server.

Keuntungan Dan Kerugian Leb computer

keuntungan

Dapat Berbagi Sumber Daya

Dengan menggunakan sumber daya bersama sama maka dapat mnghapus jarak. Misalnya seorang karyawan dari kantor pusat akan mengambil data yang diprlikan jaringan computer yang mnghubungkan dua kantor tersebut.

Ketahanan Data Tinggi

Ketahanan data tinggi sehingga data yang disalin dikirim ke computer lain pada jarak ribuan kilometer dan resiko rusak serta hilangnya data dapat diatasi.

Menghemat Biaya

komputer kecil atau mikrokomputer mmiliki ukuran lebih kecil dan murah disbanding komputer besar sperti mainframe dam supercomputer. Mainframe memiliki kecepatan 10 kali lipat disbanding mikrokomputer. Dengan dibangunnya jaringan maka sistim komputer yang terdiri atas mikrokomputer mikrokomputer mempunyai kecpatan menyamai mainframe

Berbagi Hardware

Dengan adanya jaringan, satu hardware dapat dihubungkan ke banyak perangkat lain. Misalnya dalam laboratorium komputer hanya mmiliki 1 printer maka dibuat jaringan komputer.

Memberikan Keamanan Dan Keteraturan Data

Jaringan komputer mmbrikan keamanan dan keteraturan data. Jaringan komputer dapat mengorganisasikan

kekurangan

Virus

Apabila salah atrau computer yang terhubung pada jaringan terkena virus, memungkinkan computer lain yang terhubung akan terkena virus. Keadaan ini akan membuat jaringan computer rusak

Pengaksesan file yang tidak terbatas

Kemudahan dalam berbagai file dapat mengakibatkan kebocoran data karena dapat terbaca oleh orang yang tidak berhak untuk mendapatkannya.

Biaya

Saat jaringan akan dibuat maka dibutuhkan sebuah anggaran tertentu, untuk konsultasi perncanaan, jasa pembangunannya, pemeliharaan software dan hardwarnya,

 

0 komentar

Posting Komentar

Follower