JARINGAN KOMPUTER

SI 1P53 - STMIK Widya Pratama 0 komentar



NAMA : SUWANDA
NIM : 13.230.0068
TOPIK : JARINGAN KOMPUTER
KELAS : 1P53


PENGERTIAN Jaringan Komputer Wan
Jaringan Komputer Wan - WAN adalah singkatan dari Wide Area Network yang berarti Jaringan Area Luas, berupa jaringan komputer yang mencakup area besar seperti antar negara atau bahkan benua, atau dapat didefinisikan juga sebagai jaringan komputer yang membutuhkan router dan saluran komunikasi publik.

WAN juga singkatan dari istilah teknologi informasi dalam bahasa Inggris: Wide Area Network merupakan jaringan komputer yang mencakup area yang besar sebagai contoh yaitu jaringan komputer antar wilayah, kota atau bahkan negara, atau dapat didefinisikan juga sebagai jaringan komputer yang membutuhkan router dan saluran komunikasi publik.

WAN digunakan untuk menghubungkan jaringan lokal yang satu dengan jaringan lokal yang lain, sehingga pengguna atau komputer di lokasi yang satu dapat berkomunikasi dengan pengguna dan komputer di lokasi yang lain.

Jaringan WAN (Wide Area Network) adalah kumpulan dari LAN dan/atau Workgroup yang dihubungkan dengan menggunakan alat komunikasi modem dan jaringan Internet, dari/ke kantor pusat dan kantor cabang, maupun antar kantor cabang. Dengan sistem jaringan ini, pertukaran data antar kantor dapat dilakukan dengan cepat serta dengan biaya yang relatif murah. Sistem jaringan ini dapat menggunakan jaringan Internet yang sudah ada, untuk menghubungkan antara kantor pusat dan kantor cabang atau dengan PC Stand Alone/Notebook yang berada di lain kota ataupun negara.

Wireless WAN menghubungan dua lokasi dengan kecepatan 1,6-10 Mbps, mendayagunakan RF spektrum lebar, bilamana jaringan publik tidak tersedia atau terlalu mahal. Sistem wireless WAN merupakan sistem point-to-point menghubungkan jaringan melintasi kota-kota menggantikan infrastruktur publik atau memberikan suatu alternatif terhadap sambungan privat.
Jaringan Komputer Wan

Description: https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEhzuyc8hGYdAbkGQNyFKslX3sumfF_48Q2OmggC4UgY-3ZRY78bCT4oMzMtrkTT-xkp_EJtfpgdXRBN8KWFRNeUKyOxDgyxPQk-nuBqGZYgqNV-bVlEmitB65H0VnEkizkxjhKztW8yrp2J/s1600/wan.jpg

Perkembangan jaringan dan Internet yang spektakuler memberikan dampak yang sangat besar terhadap perusahaan dalam berbagai jenis dan ukuran. Teknologi wireless yang baru semakin memudahkan perkembangan kemampuan jaringan, Internet, dan intranet bagi para pekerja mobile, lokasi-lokasi terpencil dan berbagai fasilitas temporer.

Wireless Networking semakin memperluas jangkauan dan kemampuan jaringan komputer. Teknologi-teknologi baru menjadikan wireless networking sebagai suatu cara yang memungkinkan pelayanan akses berkecepatan tinggi dan handal bagi jaringanjaringan komputer dan Internet.
Terdapat dua metode dasar wireless networking yaitu cahaya (laser dan infra merah) dan radio. Keduanya memiliki spesifikasi dan kegunaan yang berbeda.
PERANGKAT JARINGAN KOMPUTER

Untuk membuat jaringan komputer kita membutuhkan perangkat jaringan komputer. Perangkat jaringan komputer yang pertama tentu saja komputer. Dengan menambahkan kartu jaringan (ethernet card atau Network Interface Card – NIC) dan sarana penghubung berupa kabel yang sesuai, maka terbentuklah jaringan komputer. Selanjutnya, diperlukan pengaturan-pengaturan tertentu di setiap komputer agar jaringan bisa beroperasi. Perangkat jaringan komputer lainnya, jika diperlukan, dapat ditambahkan sebuah hub/switch sebagai pengatur aliran data. Bila akan membuat jaringan tanpa kabel (wireless), diperlukan alat khusus yang disebut access point.
Berikut ini adalah perangkat jaringan komputer yang biasa digunakan untuk membangun sistem jaringan komputer.
Kartu Jaringan
Kartu jaringan (Network Interface Card atau disingkat NIC, sering disebut juga
Network Adapter, LAN Card, atau Ethernet Card) berfungsi sebagai jembatan antara komputer dengan jaringan komputer. Perangkat jaringan komputer ini bertugas untuk mengirimkan paket-paket data ke komputer tujuan dan menerima paket data yang dikirim komputer lain.
Kabel Penghubung dan Konektor
Secara umum, kabel transmisi penghubung dalam jaringan komputer terdiri atas 3 macam, yakni kabel koaksial, kabel ulir atau kabel berpasangan (Twisted-Pair, misalnya kabel UTP – Unshielded Twister Pair), dan kabel serat optik. Ujung kabel transmisi dilengkapi dengan konektor yang sesuai. Pada jaringan tanpa kabel (wireless LAN), tidak digunakan kabel, melainkan menggunakan gelombang radio untuk mengirimkan paket data.
Hub dan Switch
Perangkat jaringan komputer ini digunakan untuk menghubungkan setiap node dalam jaringan LAN, terutama pada topologi bintang, sehingga sering disebut konsentrator. Wujud fisik keduanya hampir sama, sama-sama mempunyai konektor RJ45. Namun secara operasional, keduanya sangat berbeda. Hub akan mengirimkan paket data yang diterimanya ke semua komputer, sedangkan switch hanya mengirimkan data ke komputer yang dituju. Perbedaan lainnya, hub menggunakan satu jalur untuk mengirim dan menerima data, sedangkan switch menggunakan jalur yang berbeda untuk mengirim dan menerima data. Akibatnya, sering terjadi tabrakan data (collision) pada jaringan yang menggunakan hub. Hal ini menyebabkan kecepatan transfer data switch lebih baik daripada hub. Kecepatan transfer data pada hub maksimum 10 Megabit/detik, sedangkan pada switch kecepatannya 10 Megabit/detik atau 100 Megabit/detik (menyesuaikan dengan kecepatan perangkat jaringan komputer lain yang terhubung).
Access Point
Perangkat jaringan komputer ini digunakan dalam jaringan komputer tanpa kabel (wireless LAN). Dalam jaringan ini, data ditransmisikan dalam bentuk gelombang elektromagnetik. Fungsi access point mirip dengan hub dan switch, yaitu menerima paket data yang ditransmisikan oleh sebuah komputer, memperkuat sinyal,dan memancarkan kembali paket data itu ke komputer tujuan. Access point juga dapat digunakan untuk meng-hubungkan jaringan kabel dengan jaringan tanpa kabel. Jarak yang bisa dicapai jaringan wireless LAN bisapuluhan meter (di dalam ruangan) hingga ratusan meter (di luar ruangan). Hal ini tergantung dari jenis peralatan,teknologi yang digunakan, adanya penghalang, serta ada tidaknya penguat sinyal dan antena.

Aplikasi-aplikasi
  1. Wireless LAN memberikan akses jaringan terbuka yang wireless dalam kantor, dalam lingkungan pelayanan kesehatan, gudang dan ritel, memungkinkan klien yang mobil mengakses server jaringan.
  2. Wireless WAN menghubungan dua lokasi dengan kecepatan 1,6-10 Mbps, mendayagunakan RF spektrum lebar, bilamana jaringan publik tidak tersedia atau terlalu mahal. Sistem wireless WAN merupakan sistem point-to-point menghubungkan jaringan melintasi kota-kota menggantikan infrastruktur publik atau memberikan suatu alternatif terhadap sambungan privat.
  3. Wireless MAN memberikan pilihan jaringan point-to-multipoint. Contoh solusi ini mencakup menghubungkan banyak end-user di kampus atau suatu fasilitas melintasi kota-kota melalui wireless Ethernet. Kecepatan aliran berkisar antara 56K hingga 10 Mbps. Wireless MAN ini mendukung arsitektur jaringan hub dan spoke.
DAFTAR PUSTAKA
http://artikeljaringankomputer.com/perangkat-jaringan-komputer.htm




Baca Selengkapnya ...

Televisi

SI 1P53 - STMIK Widya Pratama 0 komentar



Nama : Suwanda

Nim : 13.230.0068

Tugas kelompok 2 : Televisi

Judul : Televisi 3D








PENDAHULUAN



Sejak produsen elektronik besar mengumumkan produk 3D mereka pada Consumer Electronics Show 2010 di Las Vegas tahun lalu, 3D telah menjadi salah satu dari isu untuk industri / home A V. TV 3D, khususnya, telah konsisten menjadi berita utama tech sebagai vendor masing-masing klaim untuk menawarkan kualitas gambar yang lebih baik 3D atas yang lain. Tetapi, apa itu TV 3D dan betapa berbedanya mereka dari TV biasa kita sudah menggunakan

LATAR BELAKANG

Pada kesempatan kali ini si penulis tertarik untuk membuat bahasan tentang televisi 3D yg saat ini merupakan barang elektronek di tingkatan atas dlm mode pertelevisian

RUMUSAN MASALAH

Apa Yang Dimaksud Dengan TV 3D ?

PEMBAHASAN

Sederhananya, TV 3D adalah display yang memungkinkan pengunjung untuk melihat gambar 3D di atasnya, jadi ini video atau gambar. Ia bekerja pada prinsip dasar stereoskopi, yang mengambil keuntungan dari bagaimana manusia memandang mendalam dengan kedua mata, setiap melihat adegan dari sudut yang sedikit berbeda. Dalam kasus TV 3D, gambar dari dua perspektif yang berbeda dari objek yang sama diproyeksikan untuk setiap mata untuk mereproduksi kedalaman efek 3D. TV 3D Sebagian besar di pasar meminta user untuk memakai kacamata khusus untuk menikmati pengalaman visual 3D. 3D kacamata ini dapat berupa aktif atau pasif, tetapi mereka semua bekerja bersama-sama dengan layar untuk memberikan gambar yang berbeda untuk mata kiri dan kanan untuk menciptakan ilusi kedalaman. Di sisi lain, ada sudah panel autostereoscopic. Mereka dapat dilihat tanpa kacamata 3D dan juga disebut TV kacamata 3D-bebas. Inilah tiga teknologi tampilan utama yang digunakan oleh 3D TV.

Aktif teknologi 3D

Ini adalah saat ini lazim memanfaatkan teknologi 3D kacamata shutter bertenaga baterai (sehingga aktif) olahraga LCD lensa dan built-in penerima sinyal wireless. Setelah dihidupkan, lensa shutter on dan off untuk bergantian antara gambar mata kiri atau kanan. Urutan diberi batas waktu melalui frekuensi, inframerah radio (RF) atau pemancar Bluetooth, yang dapat diintegrasikan dalam panel atau dihubungkan secara eksternal. Keuntungan utama dari pendekatan ini adalah kemampuannya untuk mempertahankan resolusi asli penuh isi 3D sampai dengan 1080p kejelasan. Ini adalah pada biaya ringan sampai crosstalk sedang (gambar ganda), serta berkedip mahal kacamata 3D. Kacamata shuttering juga dapat menyebabkan kelelahan mata dan pusing di antara beberapa pengguna. Namun, ini bisa berubah dalam waktu dekat. Samsung dan RealD baru-baru ini mengumumkan sistem 3D baru aktif berdasarkan kacamata 3D pasif dan panel yang melakukan shuttering gantinya. Ini dikatakan untuk memberikan gambar 3D flicker-free.

Terpolarisasi teknologi 3D glasses Passive

3D Pasif mencapai efek yang sama dengan proses "penyaringan", yang banyak digunakan dalam film bioskop. Awal anaglyph gambar 3D yang dilihat melalui kacamata merah-dan-cyan sederhana, yang menawarkan kesetiaan warna terbatas dan resolusi. Sebuah Film baru berpola Penghambat (FPR) teknologi telah dikembangkan oleh LG untuk mengatasi beberapa kekurangan 3D anaglyph dan aktif. FPR menggunakan filter terpolarisasi pada kacamata 3D dan layar LCD untuk secara efektif membagi gambar kiri dan kanan ke menjalinnya garis ganjil dan bahkan pada layar untuk menampilkan 3D. Hal ini secara teknis bagian resolusi asli 3D konten untuk setiap mata, meskipun kami sudah tidak melihat ada kerugian besar detail yang didasarkan pada pengujian kita sendiri. Selanjutnya, manfaat lebih besar daripada ini tradeoff kecil dengan pasif FPR's 3D kacamata yang bersertifikat flicker-free dan jauh lebih terjangkau daripada versi rana aktif.

Bebas Teknologi Kacamata

Autostereoscopic panel ini telah tersedia untuk aplikasi komersial selama bertahun-tahun sekarang dan dapat dikategorikan menjadi penghalang paralaks jenis dan desain array lenticular. Kedua versi menawarkan resolusi terbatas dan harus dilihat dari titik manis khusus untuk kualitas gambar yang optimal 3D. Sejak itu, Toshiba telah meluncurkan panel gelas-gratis yang baru untuk pengguna rumahan yang dapat membuat sampai 720p 3D visual dengan sudut pandang yang lebih luas. Hal ini dicapai dengan menampilkan sembilan perspektif 2D rekaman yang sama yang dihasilkan oleh prosesor sel yang kuat pada TV. Melihat konten 3D tanpa kacamata 3D praktis adalah proposisi kunci untuk TV ini kacamata 3D-bebas. Namun, harga tinggi yang terkait, ukuran layar kecil dan terbatasnya ketersediaan model konsumen cenderung mengurangi permintaan pasar. Namun, Toshiba berencana untuk melepaskan model 40-inci dan ukuran yang lebih besar pada semester kedua tahun ini.

DAFTAR PUSTAKA

http://blog.sevima.com/taukah-anda-cara-kerja-tv-3-dimensi.html




Baca Selengkapnya ...

Televisi

SI 1P53 - STMIK Widya Pratama 0 komentar



Nama : Suwanda

Nim : 13.230.0068

Tugas kelompok 2 : Televisi

Judul : Televisi 3D








PENDAHULUAN



Sejak produsen elektronik besar mengumumkan produk 3D mereka pada Consumer Electronics Show 2010 di Las Vegas tahun lalu, 3D telah menjadi salah satu dari isu untuk industri / home A V. TV 3D, khususnya, telah konsisten menjadi berita utama tech sebagai vendor masing-masing klaim untuk menawarkan kualitas gambar yang lebih baik 3D atas yang lain. Tetapi, apa itu TV 3D dan betapa berbedanya mereka dari TV biasa kita sudah menggunakan

LATAR BELAKANG

Pada kesempatan kali ini si penulis tertarik untuk membuat bahasan tentang televisi 3D yg saat ini merupakan barang elektronek di tingkatan atas dlm mode pertelevisian

RUMUSAN MASALAH

Apa Yang Dimaksud Dengan TV 3D ?

PEMBAHASAN

Sederhananya, TV 3D adalah display yang memungkinkan pengunjung untuk melihat gambar 3D di atasnya, jadi ini video atau gambar. Ia bekerja pada prinsip dasar stereoskopi, yang mengambil keuntungan dari bagaimana manusia memandang mendalam dengan kedua mata, setiap melihat adegan dari sudut yang sedikit berbeda. Dalam kasus TV 3D, gambar dari dua perspektif yang berbeda dari objek yang sama diproyeksikan untuk setiap mata untuk mereproduksi kedalaman efek 3D. TV 3D Sebagian besar di pasar meminta user untuk memakai kacamata khusus untuk menikmati pengalaman visual 3D. 3D kacamata ini dapat berupa aktif atau pasif, tetapi mereka semua bekerja bersama-sama dengan layar untuk memberikan gambar yang berbeda untuk mata kiri dan kanan untuk menciptakan ilusi kedalaman. Di sisi lain, ada sudah panel autostereoscopic. Mereka dapat dilihat tanpa kacamata 3D dan juga disebut TV kacamata 3D-bebas. Inilah tiga teknologi tampilan utama yang digunakan oleh 3D TV.

Aktif teknologi 3D

Ini adalah saat ini lazim memanfaatkan teknologi 3D kacamata shutter bertenaga baterai (sehingga aktif) olahraga LCD lensa dan built-in penerima sinyal wireless. Setelah dihidupkan, lensa shutter on dan off untuk bergantian antara gambar mata kiri atau kanan. Urutan diberi batas waktu melalui frekuensi, inframerah radio (RF) atau pemancar Bluetooth, yang dapat diintegrasikan dalam panel atau dihubungkan secara eksternal. Keuntungan utama dari pendekatan ini adalah kemampuannya untuk mempertahankan resolusi asli penuh isi 3D sampai dengan 1080p kejelasan. Ini adalah pada biaya ringan sampai crosstalk sedang (gambar ganda), serta berkedip mahal kacamata 3D. Kacamata shuttering juga dapat menyebabkan kelelahan mata dan pusing di antara beberapa pengguna. Namun, ini bisa berubah dalam waktu dekat. Samsung dan RealD baru-baru ini mengumumkan sistem 3D baru aktif berdasarkan kacamata 3D pasif dan panel yang melakukan shuttering gantinya. Ini dikatakan untuk memberikan gambar 3D flicker-free.

Terpolarisasi teknologi 3D glasses Passive

3D Pasif mencapai efek yang sama dengan proses "penyaringan", yang banyak digunakan dalam film bioskop. Awal anaglyph gambar 3D yang dilihat melalui kacamata merah-dan-cyan sederhana, yang menawarkan kesetiaan warna terbatas dan resolusi. Sebuah Film baru berpola Penghambat (FPR) teknologi telah dikembangkan oleh LG untuk mengatasi beberapa kekurangan 3D anaglyph dan aktif. FPR menggunakan filter terpolarisasi pada kacamata 3D dan layar LCD untuk secara efektif membagi gambar kiri dan kanan ke menjalinnya garis ganjil dan bahkan pada layar untuk menampilkan 3D. Hal ini secara teknis bagian resolusi asli 3D konten untuk setiap mata, meskipun kami sudah tidak melihat ada kerugian besar detail yang didasarkan pada pengujian kita sendiri. Selanjutnya, manfaat lebih besar daripada ini tradeoff kecil dengan pasif FPR's 3D kacamata yang bersertifikat flicker-free dan jauh lebih terjangkau daripada versi rana aktif.

Bebas Teknologi Kacamata

Autostereoscopic panel ini telah tersedia untuk aplikasi komersial selama bertahun-tahun sekarang dan dapat dikategorikan menjadi penghalang paralaks jenis dan desain array lenticular. Kedua versi menawarkan resolusi terbatas dan harus dilihat dari titik manis khusus untuk kualitas gambar yang optimal 3D. Sejak itu, Toshiba telah meluncurkan panel gelas-gratis yang baru untuk pengguna rumahan yang dapat membuat sampai 720p 3D visual dengan sudut pandang yang lebih luas. Hal ini dicapai dengan menampilkan sembilan perspektif 2D rekaman yang sama yang dihasilkan oleh prosesor sel yang kuat pada TV. Melihat konten 3D tanpa kacamata 3D praktis adalah proposisi kunci untuk TV ini kacamata 3D-bebas. Namun, harga tinggi yang terkait, ukuran layar kecil dan terbatasnya ketersediaan model konsumen cenderung mengurangi permintaan pasar. Namun, Toshiba berencana untuk melepaskan model 40-inci dan ukuran yang lebih besar pada semester kedua tahun ini.

DAFTAR PUSTAKA

http://blog.sevima.com/taukah-anda-cara-kerja-tv-3-dimensi.html




Baca Selengkapnya ...

NAMA : JULIO BINARA P. GM
NIM     : 13.230.0120
TOPIK  : JARINGAN KOMPUTER
KLS       : 1P53

PENGERTIAN JARINGAN KOMPUTER
Jaringan komputer (jaringan) adalah sebuah sistem yang terdiri atas komputer-komputer yang didesain untuk dapat berbagi sumber daya (printer, CPU), berkomunikasi (surel, pesan instan), dan dapat mengakses informasi(peramban web)

1.        Jenis Jaringan
·          Client Server
1.        Pengertian Client Server
     Adalah Komputer yang menyediakan fasilitas bagi computer-komputer lain dan juga yang menerima atau menggunakan fasilitas yng disediakan oleh server .
2.        Cara Kerja Client Server : Sebagai Servis (layanan) Sharing resources (sumber daya), dan juga sebagai server yang menyediakan fasilitas kepada Workstation dan server tersebut tidak berperan sebagai workstation.
3.        Kekurangan dan Kelebihannya
Kekurangannya :
-           Biyaya Operasional relatif lebih mahal.
-           Diperlukan adanya satu computer khusus yang berkemampuan lebih untuk ditugaskn sebagai server.
-           Kelangsungan jaringan sangat tergantung pada server, bila server mengalami gngguan maka secara keseluruhan jaringan  akan terganggu.
Kelebihannya :
-           Kecepatan akses lebih tinggi
-           Sistem keamanan dan administrasi jaringan lebih baik
-           Sistem pencakup data lebih baik, karena pada jaringan client server dilakukan terpusat deserver, yang akan mencakup seluruh data yang digunakan didalam jaringan.
                      
·          Peer to peer
1.        Pengertian Peer to peer
   Peer to Peer adalah adalah suatu teknologi sharing (pemakaian bersama) resource dan service antara satu komputer dan komputer yang lain atau jaringan komputer yang hanya menghubungkan dua komputer dimana kedua komputer bisa menjadi server maupun client, jadi tidak ada perbedaan antara client dan server.. pengertian yang lebih tepat mengenai peer to peer (p2p) adalah sistem terkomputerisasi Client-Server dimana suatu komputer berfungsi sebagai client sekaligus sebagai server, sehingga memungkinkan komunikasi dan pertukaran resource antara dua komputer secara langsung (real time).

2.        Cara Kerja Peer to peer
  Peer to Peer ini umumnya dipakai dalam membangun jaringan berbasis workgroup yang menerapkan fungsi sharing atau bagi pakai penggunaan hardware dan software, karena pada tipe ini biasanya tidak memerlukan pengaturan keamanan dan kendali antara masing-masing komputer.

Kekurangan dan Kelebihannya
Kekurangannya :
-           Tidak cocok untuk network skala besar, administrasi menjadi tidak terkontrol
-           Tiap user harus dilatih untuk menjalankan tugas administrativ
-           Keamanan kurang
-            
Kelebihannya :
-           Antara computer dalam jaringan dapat saling berbagi fasilitas yang dimilikinya, seperti : Hard Disk, Drive, Modem dan Printer.
-           Biyaya Operasional relatif murah dibandingkan dengan client server.
-           Kelangsungan kerja jaringan tidak tergantung pada satu server, sehingga bila salah satu computer ada yang mati atau rusak, jaringan secara keseluruhan tidak akan menggalami gangguan.
2.        Beberapa Jenis Jaringan
A.       LAN
  Local Area Network (LAN) adalah jaringan yang terdapat dalam sebuah gedung atau perkantoran. Umumnya dimiliki oleh perusahaan tertentu. Digunakan untuk menghubungkan computer-computer yang terdapat didlam gedung atau kanto-kantor tersebut . computer yang terhubung dalam satu LAN umumnya hanya berjarak beberapa kilometer. Dan LAN juga digunakan untuk menghubungkan computer-computer yang terdapat dalam satu gedung.
Contonya Seperti  : Jaringan komputer kampus, gedung, kantor, dalam rumah, sekolah atau yang lebih kecil.

B.       MAN
 MAN adalah jaringan LAN dalam versi yang lebih besar.  Atau Suatu jaringan dalam suatu kota dengan transfer data berkecepatan tinggi, yang menghubungkan berbagai lokasi seperti kampus, perkantoran, pemerintahan, dan sebagainya. Jaringan MAN adalah gabungan dari beberapa LAN. Jangkauan dari MAN ini antar 10 hingga 50 km, MAN ini merupakan jaringan yang tepaMetropolitan area network atau disingkat dengan MAN. Suatu jaringan dalam suatu kota dengan transfer data berkecepatan tinggi, yang menghubungkan berbagai lokasi seperti kampus, perkantoran, pemerintahan, dan sebagainya. Jaringan MAN adalah gabungan dari beberapa LAN. Jangkauan dari MAN ini antar 10 hingga 50 km.

Contohnya Seperti :  Jaringan yang tepat untuk membangun jaringan antar kantor-kantor dalam satu kota antara pabrik/instansi dan kantor pusat yang berada dalam jangkauannya.
C.        WAN
   Wide Area Network (WAN), jangkauannya mencakup daerah geografis yang luas, seringkali mencakup sebuah negara bahkan benua. WAN terdiri dari kumpulan mesin mesin yang bertujuan untuk menjalankan program-program (aplikasi) pemakai.
Contohnya Seperti : Jaringan komputer  antar wilayah, kota atau bahkan negara, atau dapat didefinisikan juga sebagai jaringan komputer yang membutuhkan router dan saluran komunikasi publik.

Manfaat Jaringan Komputer

·         Menjadikan sistem komputer menjadi lebih mudah dioperasikan dan fleksibel
·         Banyak aplikasi pendukung yang dapat dijalankan di berbagai macam jenis komputer
·        Tidak menjadikan ketergantungan terhadap satu jenis komputer (sehingga jenis komputer          lain bisa dikoordinasikan secara bersamaan)
·         Reabilitas tinggi dan dapat membagi sumber daya
·         Memperluas pendayagunaan sistem operasi
·         Memperluas kemudahan berkomunikasi
·         Memudahkan kecepatan mengakses informasi

Keuntungan Jaringan Komputer
Jaringan komputer mempunyai keuntungan lebih jika dibandingkan dengan komputer yang berdiri sendiri. Keuntungan yang didapatkan dari jaringan komputer yaitu :
-Dapat berbagi sumber daya.
-Ketahanan data tinggi.
-Menghemat biaya.
-Berbagi hardware.
-Memberikan keamanan dan keteraturan data.
- Manajemen sumber daya lebih efisien.
- Mempertahankan informasi agar tetap handal dan up-to-date.
- Membantu mempercepat proses berbagi data (data sharing).
- Memungkinkan kelompok-kerja berkomunikasi dengan lebih efisien.
- Membantu usaha dalam melayani klien mereka secara lebih efektif.

Kerugian Jaringan Komputer
Selain keuntungan yang terdapat pada sistem jaringan komputer, juga masih terdapat kerugian yang ditimbulkan, diantaranya :
- Manajemen perangkat keras dan administrasi sistem.
- Sharing file yang tidak diinginkan. “With the good comes the bad”.
- Aplikasi virus dan metode hacking.
-Pengaksesan file yang tidak terbatas.
-virus.
-Biaya.


DAFTAR PUSTAKA

Baca Selengkapnya ...

NAMA = JULIO BINARA P. GM
NIM = 13.230.0120
KELAS = 1P53

Sistem informasi manajemen

Tujuan Umum·         Menyediakan informasi yang dipergunakan di dalam perhitungan harga pokok jasa, produk, dan tujuan lain yang diinginkan manajemen.
·         Menyediakan informasi yang dipergunakan dalam perencanaan, pengendalian, pengevaluasian, dan perbaikan berkelanjutan.
·         Menyediakan informasi untuk pengambilan keputusan.
Ketiga tujuan tersebut menunjukkan bahwa manajer dan pengguna lainnya perlu memiliki akses ke informasi akuntansi manajemen dan mengetahui bagaimana cara menggunakannya. Informasi akuntansi manajemen dapat membantu mereka mengidentifikasi suatu masalah, menyelesaikan masalah, dan mengevaluasi kinerja (informasi akuntansi dibutuhkan dan dipergunakan dalam semua tahap manajemen, termasuk perencanaan, pengendalian dan pengambilan keputusan)
Proses manajemen didefinisikan sebagai aktivitas-aktivitas:
·         Perencanaan, formulasi terinci untuk mencapai suatu tujuan akhir tertentu adalah aktivitas manajemen yang disebut perencanaan. Oleh karenanya, perencanaan mensyaratkan penetapan tujuan dan identifikasi metode untuk mencapai tujuan tersebut.
·         Pengendalian, perencanaan hanyalah setengah dari peretempuran. Setelah suatu rencana dibuat, rencana tersebut harus diimplementasikan, dan manajer serta pekerja harus memonitor pelaksanaannya untuk memastikan rencana tersebut berjalan sebagaimana mestinya. Aktivitas manajerial untuk memonitor pelaksanaan rencana dan melakukan tindakan korektif sesuai kebutuhan, disebut kebutuhan.
·         Pengambilan Keputusan, proses pemilihan di antara berbagai alternative disebut dengan proses pengambilan keputusan. Fungsi manajerial ini merupakan jalinan antara perencanaan dan pengendalian. Manajer harus memilih di antara beberapa tujuan dan metode untuk melaksanakan tujuan yang dipilih. Hanya satu dari beberapa rencana yang dapat dipilih. Komentar serupa dapat dibuat berkenaan dengan fungsi pengendalian.
Menurut Francisco Proses Manajemen adalah suatu proses Penukaran terhadap nilai dan jasa
SIM merupakan kumpulan dari sistem informasi:
·         Sistem informasi akuntansi (accounting information systems), menyediakan informasi dan transaksi keuangan.
·         Sistem informasi akademik (academic information systems), menyediakan informasi tentang proses pendidikan yang sedang berjalan di suatu akademi/sekolah/perguruan.
·         Sistem informasi pemasaran (marketing information systems), menyediakan informasi untuk penjualan, promosi penjualan, kegiatan-kegiatan pemasaran, kegiatan-kegiatan penelitian pasar dan lain sebagainya yang berhubungan dengan pemasaran.
·         Sistem informasi manajemen persediaan (inventory management information systems).
·         Sistem informasi personalia (personal information systems).
·         Sistem informasi distribusi (distribution information systems).
·         Sistem informasi pembelian (purchasing information systems).
·         Sistem informasi kekayaan (treasury information systems).
·         Sistem informasi analisis kredit (credit analysis information systems).
·         Sistem informasi penelitian dan pengembangan (research and development information systems).
·         Sistem informasi analisis software·         Sistem informasi teknik (engineering information systems).
·         Sistem informasi Rumah Sakit (Hospital information systems).
 http://id.wikipedia.org/wiki/Sistem_informasi_manajemen Proses ManajemenBagian

Baca Selengkapnya ...

NAMA               : MUHAMMAD WILDAN A
NIM                  : 13.230.0096
KELOMPOK      : 4(RADIO)
TUGAS             : 4


Radio HT merupakan salah satu alat dari Radio Komunikasi. Penyebutannya menggunakan kata radio karena menggunakan gelombang frekuensi radio untuk berkomunikasi.
Radio HT dibagi dalam 2 frekuensi, UHF dan VHF. Frekuensi VHF: 136-174MHz; UHF biasanya terbagi 2 frekuensi UHF: 330-400MHZ, UHF: 403-470MHz.
Untuk radio HT sendiri saat ini ada dua macam: Single band (frekuensi UHF saja, atau VHF saja).Dual band (frekuensi UHF dan VHF). Untuk dual band biasanya diambil frekuensi UHF yang 400-470MHz, serta watt UHF dalam dualband lebih kecil dibanding dengan frekuensi UHF di singleband.
Untuk radio HT sendiri saat ini bisa dikatakan dibagi dalam 3 range harga: HT dengan harga diatas 2juta, HT harga 1 jutaan, dan HT dibawah harga 1 jutaan.
Bagaimana dengan kebutuhan anda?
Seringkali ada pertanyaan, HT merk dengan tipe A berapa jaraknya? HT apa untuk jarak …KM? Jadi pada dasarnya HT ditentukan pada besar wattnya. Sebagian besar frekuensi VHF adalah 5 watt, frekuensi UHF 4 watt. Untuk jarak rentang frekuensi di perkotaan HT biasa menempuh jarak 1-1,5KM tergantung lokasi dan kondisi, baik lokasi terjadinya komunikasi yaitu dari berapa banyak halangan antara 1 HT dengan HT yang lain, kondisi HT sendiri sedang dalam kondisi prima atau tidak seperti baterai terisi penuh, dan lain lain. Jadi pada kesimpulannya jarak komunikasi antar HT tergantung pada lokasi tempat komunikasinya, semakin banyak hambatan semakin pendek pula jarak jangkauan frekuensinya.

Radio Komunikasi Dua Arah Handy Talky HT.

Fungsi Radio Kumunikasi Dua Arah Handy Talky HT
Handy Talky atau HT (Two Way Radio), pada umumnya dipergunakan sebagai alat komunikasi lebih dari satu orang. Handy Talky dapat dipergunakan sebagai alat komunikasi untuk koordinasi dalam team. Handy Talky dipergunakan secara bergantian di dalam berkomunikasi, yang satu berbicara dan pesawat Handy Talky yang dipegang yang lain mendengarkan. Pesawat HT yang memiliki fungsi yang hampir sama dengan Handy Talky adalah Walki Talkie.

Cara Kerja Radio Komunikasi Dua Arah Handy Talky HT
HT bekerja tanpa kabel. Pesawat Handy Talky bekerja mempergunakan gelombang atau frekwensi. Handie Talkie frekwensinya (Chanel) dapat diprogram sesuai dengan kebutuhan. Radio Genggam Handy Talky bekerja dengan power dari battery, baik battery bawaan dari body HT maupun battery yang dijual di pasaran seperti battery AA dan sebagainya. Ada speaker pengirim suara dan speaker penerima suara atau audio. Handy Talky memiliki akesoris antena, battery, charger, handsfree (earphone - clip on).

Frekwensi Radio Komunikasi Dua Arah Handy Talky HT
Pada umumnya Handy Talky mempergunakan dua jenis frekwens - sinyal, yaitu dan VHF (Very Hight Frequensy - Frekwensi Sangat Tinggi) dan UHF (Ultra Hight Frequensy - Frekwensi Ultra Tinggi). VHF pada umumnya dengan kisaran angka 136-174 MHz yang dipergunakan untuk umum dengan frekwensi mendatar atau horisontal. Gedung, tembok, bukit, pohon dan obyek lain dapat menghalangi kerja frekwensi VHT. Beda dengan Frekwensi UHF adalah, UHF mempergunakan frekensi dengan angka antara 330 - 400 maupun dengan frekwensi 400- 520 MHz.

Merk-Merk Radio Komunikasi Dua Arah Handy Talky HT
Ada beberapa merk Handy Talky di lapangan. Merk Handy Talky antara lain Icom, Motorola, Alinco, Yaesu, Kenwood, Toriphone, Olinca. Setiap HT memiliki spesifikasi sesuai dengan merk dan type dari produsen yang memperoduksinya.

Pengguna Radio Komunikasi Dua Arah Handy Talky HT
Pada umumnya HT dipergunakan oleh banyak orang, baik untuk umum seperti Panitia penyelenggara, EO (event organizer), security, tempat hiburan dan lain sebagainya maupun secara khusus untuk TNI (militer) maupun POLRI (kepolisian) serta untuk berbagai kebutuhan yang lain. Alat komuniksi genggam HT sangat mudah dibawa kemana-mana karena bentuknya yang kecil.


Cara Penggunaan Radio Komunikasi Dua Arah Handy Talky HT
Cara mempergunakan HT sangat mudah. Yang satu berbicara dan yang lain mendengarkan dengan menekan tombol PTT. Dalam mempergunakan HT satu dengan yang lain harus bergantian menekan tombol dan tidak bisa bersamaan. HT berbeda denga Clearcom.

Toko/Dealer/Distributor Tempat Jual Atau Beli Radio Komunikasi Dua Arah Handy Talky HT
Jika Anda memerlukan HT dan hendak membeli, sebaiknya Anda mempersiapkan sesuai dengan kebutuhan Anda. Di Jakarta, salah satu tempat yang menjual Hany Talky adalah di Glodog Jakarta. Silahkan Anda berkunjung ke sana dan bernego harga dengan Toko HT.
Baca Selengkapnya ...

Nama: Muhammad wildan a
NIM :13.230.0096
TUGAS 1


 Proses Input dan Output Pada Indomaret
a)    Input
Berikut ini adalah sample Laporan Nota Penerimaan Barang(NPB) pada tanggal 13 Oktober 2011 :
13/10/2011
No.NPB            : 1364491
No.Kontainer   : 000209192000
NO.
PLU(Kode Barang)
DESKRIPSI
QTY(Quantity)
1.
0542
Carnation SKM 380gr
2
2.
1482
Lageo Sandwich Cheese 100gr
2
3.
1724
Dancow Instant Box 800gr
3
4.
2992
Foxs Cb Pasion 38gr
1
5.
3825
Alpenliebe Caramel 125gr
2
6.
4263
Milo 3 In 1
5
7.
8833
Fruity Jeruk 39gr
2
8.
7438
Strepsils Hny Lmn 65
1
9.
7735
Pediasure Cmpl Vn900
2
10.
8403
Tamarin Candy Asem 150gr

 
2
11.
8592
Wrgl Cool Pineapple 88gr
1
12.
9378
Lactogen 2 DHA 350gr
4
13.
9450
Milo Actigen 300gr
4

13/10/2011
No.NPB            : 1362881
No.Kontainer   : 000209192001
NO.
PLU(Kode Barang)
DESKRIPSI
QTY(Quantity)
1.
1709
Good Day Hot Mocacino
66
2.
1753
Good Day Hot Capucino
138
3.
1808
Good Day Hot Vanilla Late
66

13/10/2011
No.NPB            : 1364491
No.Kontainer   : 000209192002
NO.
PLU(Kode Barang)
DESKRIPSI
QTY(Quantity)
1.
0137
Gg Surya Filter 165
10
2.
0143
Djarum Super Filter 16
10
3.
0357
Sampoerna Krt 125/Pcs
30
4.
0457
Faster Ballp Cx Hitam
2
5.
0493
S/D Mggtng&Mlipt MIX
1
6.
0800
Abc Alkalin A4-Lr 6/0
1
7.
1049
S/A Fc.Foam P.Lgst75
1
8.
1053
Amplop Pls 90-80 205
2
9.
1238
Axe Deo Twist Twz150
1
10.
1313
Garnier Light W&Pr30
1
11.
1491
Max Stapler Hd-10

 
2
12.
1546
Rexona Deo Men Adv40
3
13.
1603
Kenco Isi Cutter L-500
2
14.
2001
Pantene Shp S&Sili50
8
15
2028
Dji Sam Soe S/Prm
30
16.
2017
Pixy N.White Ref 12.2
1
17.
2274
Djarum Black Filter
10
18.
2343
Biore Form Rf Ant 250
1
19.
2413
Olay Uv White Lotion30
1
20.
2481
Selection Kapas 35gr
8
21.
3206
Kenko Stnery Type-0j
1
23.
3360
Dunhil Rokok Light20
10
24.
3422
Staedler Paket Ujian
2
25.
3999
Adinata Shop Bag Mix
2
26.
4380
Caplang Balsam
1
27.
4907
234 Rokok KRT 12/PCS
20
28.
4908
Sampoerna Milo 165
20
29.
4911
GG Surya Pro Filter
10
30.
5008
Sampoerna Flava 125
10
31.
5913
Vsline F/Wash D/C100
2
32.
6944
Ovale Face White
2
33.
7044
Idm Double Foijoj 05
2
34.
7133
Snowman Spidol P125
2
35.
7598
Gg Surya Pro Mild 165
10
36.
8363
Faster H Go C^/Ecb H
1
37
8418
U Mild Rokok Filter 16

 
30
38.
9872
Glade Bathroom Lvd/75
1
39.
9882
Glade Cont Fbsh Mrf8
1

Berikut ini adalah sample Bukti Pemrosesan Data(BPD) pada tanggal 13 Oktober 2011 :
T21J – AKSES UI 3/005
No.NPB            : 2779
DATA NPB : 1364491, TGL 13.10.2011
TELAH DI PROSES
KETERANGAN (UNTUK BPD No : 2779, TGL 13.10.2011)
TOTAL : # 13 ITEM, QTY : 31.
DPP : 34.623, PPN : 0, TOTAL 3.534,623
 
Jam                  : 15.00 






T21J – AKSES UI 3/005
No.NPB            : 2780
Jam                  : 15.00
DATA NPB : 1362881, TGL 13.10.2011
TELAH DI PROSES
KETERANGAN (UNTUK BPD No : 2780, TGL 13.10.2011)
TOTAL : # 3 ITEM, QTY : 270.
DPP : 4.567, PPN : 0, TOTAL 190.872
 
 




T21J – AKSES UI 3/005
No.NPB            : 2781
Jam                  : 15.00

DATA NPB : 1364491, TGL 13.10.2011
TELAH DI PROSES
KETERANGAN (UNTUK BPD No : 2781, TGL 13.10.2011)
TOTAL : # 39 ITEM, QTY : 252.
DPP : 56438, PPN : 0, TOTAL 8.988.349
 


 
 
 b) output

 

Berikut ini adalah Bukti Bon atau Nota Pembelian 13 Oktober 2011 :

  
I.                   Struktur Organisasi Dari Indomaret

Bagan Struktur Organisasi Toko Indomaret

Baca Selengkapnya ...

Arsip Blog

Follower