NAMA : JULIO BINARA P. GM
NIM     : 13.230.0120
TOPIK  : JARINGAN KOMPUTER
KLS       : 1P53

PENGERTIAN JARINGAN KOMPUTER
Jaringan komputer (jaringan) adalah sebuah sistem yang terdiri atas komputer-komputer yang didesain untuk dapat berbagi sumber daya (printer, CPU), berkomunikasi (surel, pesan instan), dan dapat mengakses informasi(peramban web)

1.        Jenis Jaringan
·          Client Server
1.        Pengertian Client Server
     Adalah Komputer yang menyediakan fasilitas bagi computer-komputer lain dan juga yang menerima atau menggunakan fasilitas yng disediakan oleh server .
2.        Cara Kerja Client Server : Sebagai Servis (layanan) Sharing resources (sumber daya), dan juga sebagai server yang menyediakan fasilitas kepada Workstation dan server tersebut tidak berperan sebagai workstation.
3.        Kekurangan dan Kelebihannya
Kekurangannya :
-           Biyaya Operasional relatif lebih mahal.
-           Diperlukan adanya satu computer khusus yang berkemampuan lebih untuk ditugaskn sebagai server.
-           Kelangsungan jaringan sangat tergantung pada server, bila server mengalami gngguan maka secara keseluruhan jaringan  akan terganggu.
Kelebihannya :
-           Kecepatan akses lebih tinggi
-           Sistem keamanan dan administrasi jaringan lebih baik
-           Sistem pencakup data lebih baik, karena pada jaringan client server dilakukan terpusat deserver, yang akan mencakup seluruh data yang digunakan didalam jaringan.
                      
·          Peer to peer
1.        Pengertian Peer to peer
   Peer to Peer adalah adalah suatu teknologi sharing (pemakaian bersama) resource dan service antara satu komputer dan komputer yang lain atau jaringan komputer yang hanya menghubungkan dua komputer dimana kedua komputer bisa menjadi server maupun client, jadi tidak ada perbedaan antara client dan server.. pengertian yang lebih tepat mengenai peer to peer (p2p) adalah sistem terkomputerisasi Client-Server dimana suatu komputer berfungsi sebagai client sekaligus sebagai server, sehingga memungkinkan komunikasi dan pertukaran resource antara dua komputer secara langsung (real time).

2.        Cara Kerja Peer to peer
  Peer to Peer ini umumnya dipakai dalam membangun jaringan berbasis workgroup yang menerapkan fungsi sharing atau bagi pakai penggunaan hardware dan software, karena pada tipe ini biasanya tidak memerlukan pengaturan keamanan dan kendali antara masing-masing komputer.

Kekurangan dan Kelebihannya
Kekurangannya :
-           Tidak cocok untuk network skala besar, administrasi menjadi tidak terkontrol
-           Tiap user harus dilatih untuk menjalankan tugas administrativ
-           Keamanan kurang
-            
Kelebihannya :
-           Antara computer dalam jaringan dapat saling berbagi fasilitas yang dimilikinya, seperti : Hard Disk, Drive, Modem dan Printer.
-           Biyaya Operasional relatif murah dibandingkan dengan client server.
-           Kelangsungan kerja jaringan tidak tergantung pada satu server, sehingga bila salah satu computer ada yang mati atau rusak, jaringan secara keseluruhan tidak akan menggalami gangguan.
2.        Beberapa Jenis Jaringan
A.       LAN
  Local Area Network (LAN) adalah jaringan yang terdapat dalam sebuah gedung atau perkantoran. Umumnya dimiliki oleh perusahaan tertentu. Digunakan untuk menghubungkan computer-computer yang terdapat didlam gedung atau kanto-kantor tersebut . computer yang terhubung dalam satu LAN umumnya hanya berjarak beberapa kilometer. Dan LAN juga digunakan untuk menghubungkan computer-computer yang terdapat dalam satu gedung.
Contonya Seperti  : Jaringan komputer kampus, gedung, kantor, dalam rumah, sekolah atau yang lebih kecil.

B.       MAN
 MAN adalah jaringan LAN dalam versi yang lebih besar.  Atau Suatu jaringan dalam suatu kota dengan transfer data berkecepatan tinggi, yang menghubungkan berbagai lokasi seperti kampus, perkantoran, pemerintahan, dan sebagainya. Jaringan MAN adalah gabungan dari beberapa LAN. Jangkauan dari MAN ini antar 10 hingga 50 km, MAN ini merupakan jaringan yang tepaMetropolitan area network atau disingkat dengan MAN. Suatu jaringan dalam suatu kota dengan transfer data berkecepatan tinggi, yang menghubungkan berbagai lokasi seperti kampus, perkantoran, pemerintahan, dan sebagainya. Jaringan MAN adalah gabungan dari beberapa LAN. Jangkauan dari MAN ini antar 10 hingga 50 km.

Contohnya Seperti :  Jaringan yang tepat untuk membangun jaringan antar kantor-kantor dalam satu kota antara pabrik/instansi dan kantor pusat yang berada dalam jangkauannya.
C.        WAN
   Wide Area Network (WAN), jangkauannya mencakup daerah geografis yang luas, seringkali mencakup sebuah negara bahkan benua. WAN terdiri dari kumpulan mesin mesin yang bertujuan untuk menjalankan program-program (aplikasi) pemakai.
Contohnya Seperti : Jaringan komputer  antar wilayah, kota atau bahkan negara, atau dapat didefinisikan juga sebagai jaringan komputer yang membutuhkan router dan saluran komunikasi publik.

Manfaat Jaringan Komputer

·         Menjadikan sistem komputer menjadi lebih mudah dioperasikan dan fleksibel
·         Banyak aplikasi pendukung yang dapat dijalankan di berbagai macam jenis komputer
·        Tidak menjadikan ketergantungan terhadap satu jenis komputer (sehingga jenis komputer          lain bisa dikoordinasikan secara bersamaan)
·         Reabilitas tinggi dan dapat membagi sumber daya
·         Memperluas pendayagunaan sistem operasi
·         Memperluas kemudahan berkomunikasi
·         Memudahkan kecepatan mengakses informasi

Keuntungan Jaringan Komputer
Jaringan komputer mempunyai keuntungan lebih jika dibandingkan dengan komputer yang berdiri sendiri. Keuntungan yang didapatkan dari jaringan komputer yaitu :
-Dapat berbagi sumber daya.
-Ketahanan data tinggi.
-Menghemat biaya.
-Berbagi hardware.
-Memberikan keamanan dan keteraturan data.
- Manajemen sumber daya lebih efisien.
- Mempertahankan informasi agar tetap handal dan up-to-date.
- Membantu mempercepat proses berbagi data (data sharing).
- Memungkinkan kelompok-kerja berkomunikasi dengan lebih efisien.
- Membantu usaha dalam melayani klien mereka secara lebih efektif.

Kerugian Jaringan Komputer
Selain keuntungan yang terdapat pada sistem jaringan komputer, juga masih terdapat kerugian yang ditimbulkan, diantaranya :
- Manajemen perangkat keras dan administrasi sistem.
- Sharing file yang tidak diinginkan. “With the good comes the bad”.
- Aplikasi virus dan metode hacking.
-Pengaksesan file yang tidak terbatas.
-virus.
-Biaya.


DAFTAR PUSTAKA

2 komentar

  1. SI 1P53 - STMIK Widya Pratama  

    gkgkgkgkgkgkgkgkgkndjfnxbfdjfbdsjfba,jb

  2. SI 1P53 - STMIK Widya Pratama  

    kokokokokokokokok

Posting Komentar

Arsip Blog

Follower