Nama : Trisnaning Larasati
Nim   : 13.230.0074
Kelas : 1P53
Tema : jaringan LAN,WAN,MAN
Judul: jaringan LAN

PENGERTIAN LAN
LAN dapat definisikan sebagai network atau jaringan sejumlah system komputer yang lokasinya terbatas didalam satu gedung, satu kompleks gedung atau suatu kampus dan tidak menggunakan media fasilitas komunikasi umum seperti telepon, melainkan pemilik dan pengelola media komunikasinya adalah pemilik LAN itu sendiri. Dari definisi diatas dapat kita ketahui bahwa sebuah LAN dibatasi oleh lokasi secara fisik. Adapun penggunaan LAN itu sendiri mengakibatkan semua komputer yang terswitching dalam jaringan dapat bertukar data atau dengan kata lain berswitchingan. Kerjasama ini semakin berkembang dari hanya pertukaran data hingga penggunaan peralatan secara bersama. LAN yang umumnya menggunakan switch, akan mengikuti prinsip kerja switch itu sendiri. Dalam hal ini adalah bahwa switch tidak memiliki pengetahuan tentang alamat tujuan sehingga penyampaian data secara broadcast, dan juga karena switch hanya memiliki satu domain collision sehingga bila salah satu port sibuk maka port-port yang lain harus menunggu, akan tatapi switch sekarang sudah jarang digunakan, karena banyak kekurangannya, sekarang switch diganti dengan switch yang lebih bagus di bandingkan dengan dengan switch, dari perinsip kerjanyapun tidak banyak malakukan broadcast.

pengertian,fungsi LAN
   LAN merupakan Singkatan dari Local Area Network, dapat didefinisikan sebagai Jaringan Komputer Berukuran kecil sampai menengah yang terletak didalam area yang sama, biasanya terletak didalam bangunan atau gedung yang sama.
   Apa saja fungsi LAN ?
LAN biasanya berfungsi untuk membagi pakai sebuah perangkat atau sumber daya sehingga sumber daya itu bisa dipakai bersama – sama oleh pengguna LAN.
Perangkat atau Sumber daya apa saja yang bisa digunakan?
Koneksi Internet,Printer, sharing folder (berbagi folder) atau drive dalam komputer.
sehingga dengan memanfaatkan LAN akan lebih efisien dari segi biaya. misalnya dengan satu printer, seluruh printer yang terhubung bisa
  •    Manfaat LAN antara lain :
    1. Resource sharing
Resource sharing bertujuan agar seluruh program (software), peralatan, khususnya data bisa digunakan oleh setiap orang yang ada pada jaringan tanpa terpengaruh oleh lokasi resource dan pemakai.
User bisa berkomunikasi dengan yang lain dan mentransfer data antar workstation dengan sangat mudah.
    1. Akan mendapatkan reliable tinggi dengan memiliki sumber-sumber alternatif persediaan.Misalnya, semua file dapat tersalin ke dua atau tiga buah mesin.
    2. Sehingga bila salah satu mesin tersebut tidak terpakai (akibat adanya masalah pada perangkat kerasnya), maka salinan lainnya yang ada pada mesin lain dapat digunakan.
    3. Dapat menghemat uang
Komputer berukuran kecil mempunyai rasio harga yang lebih baik dibandingkan dengan komputer yang besar. Komputer mainframe kira-kira memiliki kecepatan sepuluh kali lipat kecapatan komputer pribadi.
Akan tetapi, harga mainframe seribu kali lebih mahal. Ketikaseimbangan rasio harga ini menyebabkan untuk membangun sistem yang terdiri dari komputer pribadi. Workstation bisa berbagi peralatan seperti printer, tentunya ini akan lebih murah jika dibandingkan dengan membeli sebuah printer untuk satu workstation.
    1. Keamanan data lebih terjamin
Sepanjang jaringannya dipasang dengan firewall yang baik maka jaringan tersebut akan membuat serangan dari luar menjadi sulit. Memungkinkan seseorang administrator dalam jaringan dapat mengontrol data-data yang penting yang hanya dapat diakses oleh user tertentu saja.
    1. Meningkatkan keefektifkan pekerjaan
    2. Paperless
Paperless adalah mengurangi penggunaan kertas. Kita ketahui bahwa bahan pembuatan kertas adalah pohon.Kita ketahui juga bahwa pohon di bumi ini semakain hari semakin berkurang.
   Oleh karena itu selain pengurangan penggunaan kertas membuat biaya operasional semakin mengecil.
    1. Pengaturan data
Komputer dalam lingkungan bisnis, dengan adanya jaringan tersebut memungkinkan seorang administrator untuk mengorganisasi data-data yang penting dan melakukan back up sesuai dengan kebijakan perusahannya.
    1. Hardware sharing
Dengan adanya jaringan, maka dapat membuat alat dengan nama printer server yang dapat dipakai bersama dalam satu jaringan, begitu juga dengan alat lain seperti scanne



Keuntungan LAN

1.Pertukaran file dapat dilakukan denganPertukaran file dapat dilakukan denganmudah (File Sharing)mudah (File Sharing)
2.Pemakaian printer dapat dilakukan olehPemakaian printer dapat dilakukan olehsemua client (Printer Sharing)semua client (Printer Sharing)
3.File data yang keluar/masuk dari/ke serverFile data yang keluar/masuk dari/ke serverdapat di kontrol.dapat di kontrol.
4.Proses backup data menjadi lebih mudahProses backup data menjadi lebih mudahdan cepatdan cepat
5.FileFile--file data dapat disimpan pada server,file data dapat disimpan pada server, sehingga data dapat diakses dari semuasehingga data dapat diakses dari semuaclient menurut otorisasi sekuritas dariclient menurut otorisasi sekuritas darisemua karyawan, yang dapat dibuatsemua karyawan, yang dapat dibuatberdasarkan struktur organisasiberdasarkan struktur organisasiperusahaan sehingga keamanan dataperusahaan sehingga keamanan dataterjamin.terjamin.
6.Proses backup data menjadi lebih mudahProses backup data menjadi lebih mudahdan cepatdan cepat
7.Resiko kehilangan data oleh virusResiko kehilangan data oleh viruskomputer menjadi sangat kecil sekalikomputer menjadi sangat kecil sekali

8.Komunikasi antar karyawan dapatKomunikasi antar karyawan dapatdilakukan dengan menggunakan Edilakukan dengan menggunakan E--Mail &Mail & ChatChat

9.Bila salah satu client/server terhubungBila salah satu client/server terhubungdengan modem, maka semua ataudengan modem, maka semua atausebagian komputer pada jaringan LANsebagian komputer pada jaringan LANdapat mengakses ke jaringan Internetdapat mengakses ke jaringan Internet  
10.Biaya akses ke Internet lebih murah karena menggunakan Server 
11.informasi dapat lebih banyak ditemukan oleh client
12.Dapat saling tukar menukar data/informasi
13.Bisa dijadikan Workstation


Kerugian LAN
1.Jika menggunakan HUB akan lebih lambat dalam pengaksesan karena speed terbagi untuk client yang lain
2.Tidak bisa dijadikan sebagai Server

Macam macam jaringan LAN

Kabel Local Area Network
Pertama kali LAN menggunakan kabel “coaxial”. Kemudian, kabel “twisted pair” yang digunakan dalam sistem telepon telah mampu membawa frekuensi yang lebih tinggi dan dapat mendukung trafik LAN. Dan saat ini, kabel fiber optik telah tampil sebagai pilhan kabel berkecepatan sangat tinggi.Local Area Network menggunakan empat tipe kabel :
Coaxial
Unshielded Twisted Pair (UTP)
Shielded Twisted Pair (STP)
Fiber Optik

Kabel Coaxial
Kabel coaxial terdiri dari :
sebuah konduktor tembaga
lapisan pembungkus dengan sebuah “kawat ground”.
sebuah lapisan paling luar.
Penggunaan Kabel Coaxial
Kabel coaxial terkadang digunakan untuk topologi bus, tetapi beberapa produk LAN sudah tidak mendukung koneksi kabel coaxial.Protokol Ethernet LAN yang dikembangkan menggunakan kabel coaxial:
10Base5 / Kabel “Thicknet” :
adalah sebuah kabel coaxial RG/U-8.
merupakan kabel “original” Ethernet.
tidak digunakan lagi untuk LAN modern.
10Base2 / Kabel “Thinnet”:
adalah sebuah kabel coaxial RG/U-58.
mempunyai diameter yang lebih kecil dari “Thicknet”.
menggantikan “Thicknet”.
tidak direkomendasikan lagi, tetapi masih digunakan pada jaringan LAN yang sangat kecil.
“Unshielded Twisted Pair”
Kabel “Unshielded twisted pair” (UTP) digunakan untuk LAN dan sistem telepon. Kabel UTP terdiri dari empat pasang warna konduktor tembaga yang setiap pasangnya berpilin. Pembungkus kabel memproteksi dan menyediakan jalur bagi tiap pasang kawat. Kabel UTP terhubung ke perangkat melalui konektor modular 8 pin yang disebut konektor RJ-45. Semua protokol LAN dapat beroperasi melalui kabel UTP. Kebanyakan perangkat LAN dilengkapi dengan RJ-45.
Kategori UTP
Terdapat 5 kategori (level) untuk kabel UTP. Kategori ini mendukung sinyal suara berkecepatan rendah (low-speed voice) dan sinyal LAN berkecepatan tinggi. Kategori 5 UTP direkomendasikan sebagai kategori minimum untuk instalasi LAN dan cocok untuk topologi star. Tabel berikut menunjukkan masing-masing kategori :
Kategori
Performansi (MHz)
Penggunaan
Cat 1
1
Voice, Mainframe, Dumb Terminal
Cat 2
4
4 MB Token Ring
Cat 3
10
10MB Ethernet
Cat 4
20
16 MB Token Ring
Cat 5
100
100 MB Ethernet
“Shielded Twisted Pair”
“Shielded twisted pair” adalah jenis kabel telepon yang digunakan dalam beberapa bisnis instalasi. Terdapat pembungkus tambahan untuk tiap pasangan kabel (”twisted pair”).Kabel STP juga digunakan untuk jaringan Data, digunakan pada jaringan Token-Ring IBM. Pembungkusnya dapat memberikan proteksi yang lebih baik terhadap interferensi EMI.
Kelemahan kabel STPKabel STP mempunyai beberapa kelemahan :
Attenuasi meningkat pada frekuensi tinggi.
Pada frekuensi tinggi, keseimbangan menurun sehingga tidak dapat mengkompensasi timbulnya “crosstalk” dan sinyal “noise”.
Harganya cukup mahal.
Kabel Fiber Optik
Kabel Fiber Optik adalah teknologi kabel terbaru. Terbuat dari glas optik. Di tengah-tengah kabel terdapat filamen glas, yang disebut “core”, dan di kelilingi lapisan “cladding”, “buffer coating”, material penguat, dan pelindung luar.Informasi ditransmisikan menggunakan gelombang cahaya dengan cara mengkonversi sinyal listrik menjadi gelombang cahaya. Transmitter yang banyak digunakan adalah LED atau Laser.
Kelebihan menggunakan kabel Fiber OptikKabel Fiber Optik mempunyai beberapa kelebihan, diantaranya :
Kapasitas bandwidth yang besar (gigabit per detik).
Jarak transmisi yang lebih jauh ( 2 sampai lebih dari 60 kilometer).
Kebal terhadap interferensi elektromagnetik.
Kabel Fiber Optik banyak digunakan pada jaringan WAN untuk komunikasi suara dan data. Kendala utama penggunaan kabel fiber optik di LAN adalah perangkat elektroniknya yang masih mahal. Sedangkan harga kabel Fiber Optiknya sendiri sebanding dengan kabel LAN UTP.
sumber :
http://251290.blogspot.com
Kelebihan LAN:
LAN hanya dapat menghubungkan sejumlah komputer yang berada dalam kawasan tertentu seperti didalam kampus, dalam sebuah bangunan, dan dalam ruang yang yang seringkali dihubungkan denganminikomputer. Namun begitu, jarang sekali LAN meliputi kawasan yang lebih dari satu gedung.
kekurangannya:
1. Area terbatas karena ada batas max. kemampuan kabel dalam menyalurkan transmisi data. kalopunbisa lebih luas, tentunya biayanya akan berlipat.2. pemasangan dan perawatan jaringan juga lebih merepotkan, karena media jaringan berupa kabel.3. lebih rentan kerusakan.kelebihannya:1. relatif bisa lebih murah dari pada wireless. misal dengan adanya onboard ethernet di motherboard.2. kecepatan lebih tinggi dengan teknologi GBe

0 komentar

Posting Komentar

Arsip Blog

Follower