NAMA : LUTFI FIRMANSYAH
KELAS : 1p53
NIM     : 13.230.0025
TOPIK : JARINGAN KOMPUTER
JUDUL : LAN 


Local Area Network

Local Area Network biasa disingkat LAN adalah jaringan komputer yang jaringannya hanya mencakup wilayah kecil; seperti jaringan komputer kampus, gedung, kantor, dalam rumah, sekolah atau yang lebih kecil. Saat ini, kebanyakan LAN berbasis pada teknologi IEEE 802.3 Ethernet menggunakan perangkat switch, yang mempunyai kecepatan transfer data 10, 100, atau 1000 Mbit/s. Selain teknologi Ethernet, saat ini teknologi 802.11b (atau biasa disebut Wi-fi) juga sering digunakan untuk membentuk LAN. Tempat-tempat yang menyediakan koneksi LAN dengan teknologi Wi-fi biasa disebut hotspot.

Pada sebuah LAN, setiap node atau komputer mempunyai daya komputasi sendiri, berbeda dengan konsep dump terminal. Setiap komputer juga dapat mengakses sumber daya yang ada di LAN sesuai dengan hak akses yang telah diatur. Sumber daya tersebut dapat berupa data atau perangkat seperti printer. Pada LAN, seorang pengguna juga dapat berkomunikasi dengan pengguna yang lain dengan menggunakan aplikasi yang sesuai.

Berbeda dengan Jaringan Area Luas atau Wide Area Network (WAN), maka LAN mempunyai karakteristik sebagai berikut :

1. Mempunyai pesat data yang lebih tinggi
2. Meliputi wilayah geografi yang lebih sempit
3. Tidak membutuhkan jalur telekomunikasi yang disewa dari operator telekomunikasi

Biasanya salah satu komputer di antara jaringan komputer itu akan digunakan menjadi server yang mengatur semua sistem di dalam jaringan tersebut.

Cara Kerja LAN

LAN ( Local Area Network) adalah jaringan komputer. Pada dasarnya LAN adalah sebuah alat pada jaringan komputer yang bekerja disatu gedung atau satu ruangan. Jadi LAN digunakan untuk jaringan internal dengan areal yang terbatas. LAN digunakan untuk jangkauan yang kurang dari 1000 meter.

Cepat atau lambat penggunaan LAN untuk media penghubung antar komputer akan banyak digunakan. Penggunaa LAN sangat dibutuhkan oleh pemakai diperkantoran atau rumah untuk menghubungkan sumber daya komputer ( disk drive / floppy drive, harddisk, printer, cd-room, dan lain-lain ) yang terbatas dimiliki antara komputer tersebut pada ruang yang berbeda. Jadi dengan adanya LAN sangat membantu para pengguna komputer dalam bekerja, terutama diperkantoran.

Dapat saling berbagi (sharing) penggunaan peralatan yang ada, baik itu harddisk, printer, modem, tanpa harus memindahkan peralatan-peralatan tersebut kepada yang membutuhkan. Denga demikian terjadi peningkatan efesiensi waktu dan biaya pembelian hardware.

Dapat saling berbagi(sharing) penggunaan file atau data yang ada pada server atau pada masing-masing workstation. Dengan demikian untuk mendapatkan suatu informasi tertentu dapat dilakukan dengan cepat. Dalam hal ini terjadi peningkatan efesiensi waktu.

Aplikasi software dapat dipakai bersama-sama (multiuser).

Dapat mengatur hak penggunaan data-data yang bersifat rahasia melalui pemberian hak akses, nama pengguna dan password.

Mempercepat waktu komunikasi antar pemakai melalui e-mail atau LAN Conference

manfaat dan kemudahannya:

Dapat membaca, mengkopi, mengedit serta mencetak data/file yang tersimpan di komputer yang lain secara langsung tanpa menggunakan flashdisk ataupun CD ROM.

Dapat penggunakan perangkat atau peripheral yang terpasang di komputer yang lain, contohnya yaitu  printer, sehingga tidak perlu 1 komputer 1 printer, cukup dengan 1 printer komputer yang lainnya bisa menggunakan.

Menjalankan program yang ada dikomputer lain. Misalkan kita memiliki 2 komputer, 1 kpmputer yang spesifikasinya rendah dan yang satu spesifikasinya tinggi, nah kita tidak mungkin menginstal program-program berat dikomputer yang spesifikasinya rendah, cukup hanya menginstal dikomputer yang spesifikasinya tinggi, komputer yang spesifikasinya rendah bisa menggunakan program-program yang besar tadi.

Menghemat biaya. Mengapa menghemat biaya, sebagai contoh adalah printer, kita memiliki 2 komputer, kita tidak perlu membeli 2 printer, cukup membeli 1 printer bisa digunakan oleh dua komputer. 

Menghemat kapasitas/memori media penyimpanan (harddisk). Mengapa demikian, misalkan ada komputer yang memiliki harddisk 1 Tera dan komputer yang hanya memilik harddisk 20 G, tidak mungkin kita menyimpan file atau data yang besar di komputer yang harddisknya cuma 20 G, Kita simpan saja di komputer yang harddisknya 1 Tera, jika komputer yang memiliki harddisk 20 G, bisa mengaksesnya, karena dimungkinkannya pengaksesan file atau data dari komputer lain dan tidak memerlukan pengkopian, cukup membuka file atau data tersebut.

Memungkinkan mengerjakan suatu pekerjaan secara bersama-sama sehingga lebih efektif serta efisien dan tentunya pekerjaan cepat selesai. karena kita bisa mengakses file atau data dari komputer lain, sehingga bisa kita kerjakan secara bersama-sama, tidak perlu bergantian.

Mempermudah dan mempercepat pertukaran informasi. Mengapa demikian, karena jika kita mempunyai informasi, data atau file tinggal di sharing langsung sampai tujuan, tidak perlu mengkopinya

Kelebihan LAN

LAN membolehakan pengguna mengkongsikan sumber komputer atau berbagi sumberdaya (resource sharing). Konfigurasi keterhubungan antara beberapa komputer menggunakan topologi.

 

Kekurangan LAN

Kekurangan LAN keterbatasan dalam media transmisi dan jangkauan pada penggunaanya. Kekurangan lain lainnya adalah pada sistem keamanan yang dimilikinya, sistem keamanan pada LAN menggunakan WEP, tetapi WEP hanya menyediakan protokol keamanan yang sangat minimum.

 

0 komentar

Posting Komentar

Arsip Blog

Follower