NAMA               : MUHAMMAD WILDAN A
NIM                  : 13.230.0096
KELOMPOK      : 4(RADIO)
TUGAS             : 4


Radio HT merupakan salah satu alat dari Radio Komunikasi. Penyebutannya menggunakan kata radio karena menggunakan gelombang frekuensi radio untuk berkomunikasi.
Radio HT dibagi dalam 2 frekuensi, UHF dan VHF. Frekuensi VHF: 136-174MHz; UHF biasanya terbagi 2 frekuensi UHF: 330-400MHZ, UHF: 403-470MHz.
Untuk radio HT sendiri saat ini ada dua macam: Single band (frekuensi UHF saja, atau VHF saja).Dual band (frekuensi UHF dan VHF). Untuk dual band biasanya diambil frekuensi UHF yang 400-470MHz, serta watt UHF dalam dualband lebih kecil dibanding dengan frekuensi UHF di singleband.
Untuk radio HT sendiri saat ini bisa dikatakan dibagi dalam 3 range harga: HT dengan harga diatas 2juta, HT harga 1 jutaan, dan HT dibawah harga 1 jutaan.
Bagaimana dengan kebutuhan anda?
Seringkali ada pertanyaan, HT merk dengan tipe A berapa jaraknya? HT apa untuk jarak …KM? Jadi pada dasarnya HT ditentukan pada besar wattnya. Sebagian besar frekuensi VHF adalah 5 watt, frekuensi UHF 4 watt. Untuk jarak rentang frekuensi di perkotaan HT biasa menempuh jarak 1-1,5KM tergantung lokasi dan kondisi, baik lokasi terjadinya komunikasi yaitu dari berapa banyak halangan antara 1 HT dengan HT yang lain, kondisi HT sendiri sedang dalam kondisi prima atau tidak seperti baterai terisi penuh, dan lain lain. Jadi pada kesimpulannya jarak komunikasi antar HT tergantung pada lokasi tempat komunikasinya, semakin banyak hambatan semakin pendek pula jarak jangkauan frekuensinya.

Radio Komunikasi Dua Arah Handy Talky HT.

Fungsi Radio Kumunikasi Dua Arah Handy Talky HT
Handy Talky atau HT (Two Way Radio), pada umumnya dipergunakan sebagai alat komunikasi lebih dari satu orang. Handy Talky dapat dipergunakan sebagai alat komunikasi untuk koordinasi dalam team. Handy Talky dipergunakan secara bergantian di dalam berkomunikasi, yang satu berbicara dan pesawat Handy Talky yang dipegang yang lain mendengarkan. Pesawat HT yang memiliki fungsi yang hampir sama dengan Handy Talky adalah Walki Talkie.

Cara Kerja Radio Komunikasi Dua Arah Handy Talky HT
HT bekerja tanpa kabel. Pesawat Handy Talky bekerja mempergunakan gelombang atau frekwensi. Handie Talkie frekwensinya (Chanel) dapat diprogram sesuai dengan kebutuhan. Radio Genggam Handy Talky bekerja dengan power dari battery, baik battery bawaan dari body HT maupun battery yang dijual di pasaran seperti battery AA dan sebagainya. Ada speaker pengirim suara dan speaker penerima suara atau audio. Handy Talky memiliki akesoris antena, battery, charger, handsfree (earphone - clip on).

Frekwensi Radio Komunikasi Dua Arah Handy Talky HT
Pada umumnya Handy Talky mempergunakan dua jenis frekwens - sinyal, yaitu dan VHF (Very Hight Frequensy - Frekwensi Sangat Tinggi) dan UHF (Ultra Hight Frequensy - Frekwensi Ultra Tinggi). VHF pada umumnya dengan kisaran angka 136-174 MHz yang dipergunakan untuk umum dengan frekwensi mendatar atau horisontal. Gedung, tembok, bukit, pohon dan obyek lain dapat menghalangi kerja frekwensi VHT. Beda dengan Frekwensi UHF adalah, UHF mempergunakan frekensi dengan angka antara 330 - 400 maupun dengan frekwensi 400- 520 MHz.

Merk-Merk Radio Komunikasi Dua Arah Handy Talky HT
Ada beberapa merk Handy Talky di lapangan. Merk Handy Talky antara lain Icom, Motorola, Alinco, Yaesu, Kenwood, Toriphone, Olinca. Setiap HT memiliki spesifikasi sesuai dengan merk dan type dari produsen yang memperoduksinya.

Pengguna Radio Komunikasi Dua Arah Handy Talky HT
Pada umumnya HT dipergunakan oleh banyak orang, baik untuk umum seperti Panitia penyelenggara, EO (event organizer), security, tempat hiburan dan lain sebagainya maupun secara khusus untuk TNI (militer) maupun POLRI (kepolisian) serta untuk berbagai kebutuhan yang lain. Alat komuniksi genggam HT sangat mudah dibawa kemana-mana karena bentuknya yang kecil.


Cara Penggunaan Radio Komunikasi Dua Arah Handy Talky HT
Cara mempergunakan HT sangat mudah. Yang satu berbicara dan yang lain mendengarkan dengan menekan tombol PTT. Dalam mempergunakan HT satu dengan yang lain harus bergantian menekan tombol dan tidak bisa bersamaan. HT berbeda denga Clearcom.

Toko/Dealer/Distributor Tempat Jual Atau Beli Radio Komunikasi Dua Arah Handy Talky HT
Jika Anda memerlukan HT dan hendak membeli, sebaiknya Anda mempersiapkan sesuai dengan kebutuhan Anda. Di Jakarta, salah satu tempat yang menjual Hany Talky adalah di Glodog Jakarta. Silahkan Anda berkunjung ke sana dan bernego harga dengan Toko HT.

0 komentar

Posting Komentar

Arsip Blog

Follower