PENGANTAR TEKNOLOGI INFORMASI

JARINGAN KOMPUTER METROPOLITAN AREA NETWORK (MAN)




 







Rekno Yulita Nugraheni
13.230.0062


STMIK WIDYA PRATAMA PEKALONGAN
TAHUN AJARAN 2013 / 2014





KATA PENGANTAR

Puji syukur kami ucapkan atas kehadirat Allah SWT, karena dengan rahmat dan karunia-Nya penulis masih diberi kesempatan untuk bekerja sama untuk menyelesaikan makalah ini. dimana makalah ini merupakan salah satu dari tugas mata kuliah yaitu PENGANTAR TEKNOLOGI INFORMASI.
Tidak lupa Penulis ucapkan terimakasih kepada dosen pembimbing dan teman-teman yang telah memberikan dukungan dalam menyelesaikan makalah ini. Penulis menyadari bahwa dalam penulisan makalah ini masih banyak kekurangan.
Oleh sebab itu Penulis sangat mengharapkan kritik dan saran yang membangun. Dan semoga dengan selesainya makalah ini dapat bermanfaat bagi pembaca dan teman-teman. Amin...
Demikianlah yang saya dapat paparkan dalam makalah ini kalau ada kata yang kurang mohon di maafkan sekian dan terima kasih.


BAB I
PENDAHULUAN

LATAR BELAKANG MASALAH

Sejalan dengan kemajuan zaman yang berkembang pesat, banyak orang menuntut agar dapat berinternet dimanapun dan kapanpun, sehingga berdampak pula pada teknologi komunikasi maka lahirlah teknologi WiMAX (Worldwide Interoperability for Microwave Access) dengan standart IEEE 802.16 yang merupakan teknologi wireless yang mampu melayani area maksimal hingga 50 Km dengan kecepatan bandwidth yang mengagumkan mencapai 70 Mbps (Wahana Komputer, 2009). Hal ini sesuai dengan bentuk kepulauan di Indonesia.WiMAX memungkinkan semua khalayak, mulai dari perkotaan sampai ke pedesaan dapat menikmati akses internet setara dengan teknologi broadband. Batu Bara merupakan kabupaten hasil pemekaran dari Kabupaten Asahan yang menjadi kebupaten ke–26 Propinsi Sumatera Utara. Kabupaten ini memiliki luas wilayah 904,96 Km2(http://www.bappeda.batubarakab.go.id) yang terdiri dari 7 kecamatan, 98 desa dan 7 kelurahan yang tersebar diseluruh pelosok Kabupaten Batu Bara dengan jarak yang cukup jauh dan memakan banyak waktu untuk mencapainya. Dalam menjalankan roda pemerintahan, informasi antara kabupaten dengan kecamatan sampai ke desa masih menggunakan jasa manusia, sehingga menyebabkan tidak efisiennya waktu serta mengeluarkan banyak biaya. Selain itu, ditemukan pula permasalahan yang tak terduga seperti cuaca yang buruk atau kondisi kendaraan yang digunakan tidak memungkinkan untuk penyampaian informasi tersebut.



RUMUSAN MASALAH

1.      Apa kelemahan dan kelebihan man ?
2.      Apa keuntungan dan kerugian man ?

 TUJUAN PENULISAN     

Tujuan penulisan makalah ini merupakan tugas dai mata kuliah Pengantar Teknologi Informasi untuk melatih kemampuan mahasiswa dalam mebuat tugas serta meningkatkan kmampuan mata kuliah Pengantar Teknologi Informasi dan juga untuk mengetahui bagaimana perkembangan dan sejarah system informasi .


BAB II
PEMBAHASAN

Pengertian Jaringan Man
Metropolitan Area Network (MAN) adalah suatu jaringan komputer dalam suatu kota dengan transfer data berkecepatan tinggi, yang menghubungkan berbagai lokasi seperti kampus, perkantoran, pemerintahan, dan sebagainya. Jaringan MAN adalah gabungan dari beberapa LAN. Jangkauan dari MAN ini antar 10 hingga 50 km, MAN ini merupakan jaringan yang tepat untuk membangun jaringan antar kantor-kantor dalam satu kota atau antara pabrik/instansi dan kantor pusat yang berada dalam jangkauannya.

            Didalam jaringan MAN hanya memiliki satu atau dua buah kabel yang fungsinya untuk mengatur paket data melalui kabel output. Namun ada alasan utama untuk memisahkan MAN sebagai kategori khusus adalah telah ditentukannya standart untuk MAN, dan standart ini sekarang sedang diimplementasikan. Standart tersebut disebut DQDB (Distributed Queue Dual Bus) atau 802.6 menurut standart IEEE. DQDB terdiri dari dua buah kabel unidirectional dimana semua komputer dihubungkan.
Beberapa teknologi yang menggunakan koneksi MAN

1. ATM (Asynchronous Transfer Mode)
            ATM (Asynchronous Transfer Mode) adalah protokol jaringan cell relay yang meng-enkodekan lalu lintas atau traffic data ke bentuk cell yang lebih kecil seperti 53 byte, 48 byte dan 5 byte.

2. FDDI (Fiber Distributed Data Interface)
            FDDI (Fiber Distributed Data Interface) merupakan standar transmisi data dalam sebuah LAN yang mencakup jangkauan lumayan jauh yaitu hingga 200 km. FDDI ini juga dapat mencakup ribuan user. Standar medium yang dipakai untuk menghubungkannya adalah fiber optik, walaupun sebenarnya bisa juga menggunakan kabel tembaga, tetapi dengan syarat harus sesuai dengan teknologi FDDI jika tidak maka transmisinya akan terganggu.

3. SMDS (Switched Multi-megabit Data Services)
            SMDS (Switched Multi-megabit Data Services) adalah layanan koneksi untuk LAN, MAN dan WAN dengan tukar menukar data berdasarkan standar IEEE 802.6 DQDB. Untuk koneksi antara MAN dan LAN bisa dilakukan dengan menggunakan sinyal radio, gelombang mikro dan infrared.
Ciri – ciri Jaringan Man

·         Memiliki Luas Jangkauan atara ± 5 – 10 KM
·         Merupakan Kumpulan LAN yang dihubungkan
·         Tidak Menggunakan Serial Komunikasi
Kelemahan dan Kelebihan Jaringan Man

·        Kelemahan
  1. Biaya operasional mahal.
  2. Instalasi infrastrukturnya tidak mudah.
  3. Jika sebuah komputer pribadi digunakan sebagai terminal, memindahkan file (file transfer software) membolehkan pengguna untuk
  4. mengambil file (download) dari host ataupun menghantar data ke host (upload).
  5. Rumit jika terjadi trouble jaringan (network trouble shooting).
·        Kelebihan

  1. Server kantor pusat dapat berfungsi sebagai pusat data dari kantor cabang.
  2. Informasi dapat disebarkan dengan lebih meluas dan cepat.
  3. Transaksi yang Real-Time (data di server pusat diupdate saat itu juga).
  4. Komunikasi antar kantor bisa menggunakan e-mail, chatting dan Video Conference (ViCon).
Keuntungan Jaringan Man

·         Server kantor pusat dapat berfungsi sebagai pusat data dari kantor cabang.
·         Transaksi yang Real-Time (data di server pusat diupdate saat itu juga, contoh ATM Bank unluk wilayah nasional)
·         Komunikasi antar kantor bisa menggunakan e-mail, chatting
dan Video Conference (ViCon).

Kerugian MAN

·         Biaya operasional mahal.
·         Instalasi infrastrukturnya tidak mudah.
·         Rumit jika terjadi trouble jaringan (network trouble shooting).




BAB III
PENUTUP
Kesimpulan
Saat ini Sistem Informasi (SI) berkembang sangat pesat dan meliputi berbagai bidang kehidupan manusia. Baik untuk keperluan menyelesaikan pekerjaan sehari - hari di tempat kerja, maupun di dalam kehidupan pribadi atau keluarga. Perkembangan SI ini akan mendominasi dunia dan sangat memengaruhi kehidupan masyarakat di masa mendatang.


             Sumber Daya Manusia yang dapat mengerti perkembangan ini dan mampu menerapkannya dalam kehidupannya sehari - hari akan mampu bersaing dengan SDM lain yang tidak mengikuti perkembangan ini.
            Kuliah ini mengenalkan tentang konsep-konsep sistem informasi. Mata kuliah ini menerangkan tentang berbagai macam konsep sistem informasi, dimulai dari perkembangan, etika, sampai fungsionalitas sistem informasi. Mata kuliah ini sangat penting dalam memberikan motivasi kepada para mahasiswa dan menarik minat mereka untuk berinteraksi dengan system informasi .

SARAN
                   Untuk kemajuan sistem informasi teknologi computer maka diharapkan agar perkembangan computer kedepan mampu mengubah pola fikir dan menjadikan masyarakat Indonesia menjadi manusia yang kreatif dan inovatif. Serta tumbuhnya kratifitas hingga menghasilkan suatu karya yang berguna bagi manusia.

            Diharapkan dengan adanya teknologi computer dan softwarenya dapat dimanfaat sesuai dengan kegunaan sebenarnya yang mampu mempercerdas bangsa bukannya unutk menghancurkan moral moral bangsa.

            Kemajuan system informasi computer software dimasa mendatang diharapkan dapat membantu semua jenis pekerjaan manusia sehingga mereka mampu menyelesaikan pekerjaan mereka dengan cepat karena dimasa depan teknologi akan semakin canggih dan semua pekerjaan dikerjakan dengan system komputerisasi.
Daftar Pustaka
www.feriantono.com/2013/10/pengertian_metropolitan-area-network-man.html
blogaulia.blogdetik.com/2012/02/06/jaringan_man-3/








0 komentar

Posting Komentar

Arsip Blog

Follower