Nama :dwi fatiatul izza
Nim: 13.230.0095
Makul : PTI

MATERI KOMPUTER DIGITAL
                        PENDAHULUAN
Komputer digital digunakan untuk mengolah data dalam bentuk angka atau huruf. Jenis komputer ini biasa digunakan untuk aplikasi bisnis dan teknik, comtohnya PC, laptop yang banyak digunakan orang.
                        PEMBAHASAN
 Laptop atau komputer jinjing adalah komputer bergerak yang berukuran relatif kecil dan ringan, beratnya berkisar dari 1-6 kg, tergantung ukuran, bahan, dan spesifikasi laptop tersebut. Sumber daya laptop berasal dari baterai atauadaptor A/C yang dapat digunakan untuk mengisi ulang baterai dan menyalakan laptop itu sendiri. Baterai laptop pada umumnya dapat bertahan sekitar 1 hingga 6 jam sebelum akhirnya habis, tergantung dari cara pemakaian, spesifikasi, dan ukuran baterai. Laptop terkadang disebut juga dengan komputer notebook atau notebook saja.
Sebagai komputer pribadi, laptop memiliki fungsi yang sama dengan komputer destop (desktop computers) pada umumnya. Komponen yang terdapat di dalamnya sama persis dengan komponen pada destop, hanya saja ukurannya diperkecil, dijadikan lebih ringan, lebih tidak panas, dan lebih hemat daya.
Komputer jinjing kebanyakan menggunakan layar LCD (Liquid Crystal Display) berukuran 10 inci hingga 17 inci tergantung dari ukuran laptop itu sendiri. Selain itu, papan ketik yang terdapat pada laptop juga kadang-kadang dilengkapi dengan papan sentuh yang berfungsi sebagai "pengganti"mouse. Papan ketik dan tetikus tambahan dapat dipasang melalui soket Universal Serial Bus maupun PS/2 jika tersedia.
Berbeda dengan komputer desktop, laptop memiliki komponen pendukung yang didesain secara khusus untuk mengakomodasi sifat komputer jinjing yang portabel. Sifat utama yang dimiliki oleh komponen penyusun laptop adalah ukuran yang kecil, hemat konsumsi energi, dan efisien. Komputer jinjing biasanya berharga lebih mahal, tergantung dari merek dan spesifikasi komponen penyusunnya, walaupun demikian harga komputer jinjing pun semakin mendekati desktop seiring dengan semakin tingginya tingkat permintaan konsumen.
Permasalahan
BAGAIMANA MERAWAT LAPTOP AGAR AWET DAN TIDAK MUDAH
PENYELESAIAN
Cara merawat laptop dengan baik dan benar.

1. Hindarkan Laptop anda dari sinar matahari secara langsung. Laptop adalah alat yang sangan sensitif dan mudah rusak jika terkena sinar matahari secara langsung. Baik ketika kita kerja maupun ketika kita menyimpannya pun harus terlindung dari sinar matahari.

2. Jangan letakan Laptop anda di tempat yang permukaannya terlalu empuk. Ketika kita menyimpan Laptop kita pada permukaan yang terlalu empuk ini adalah hal yang sangat berbahaya karena sirkulasi udara pada Laptop tersebut akan terganggu dan menyebabkan Laptop tersebut akan lebih cepat panas dan dapat merusak bagian Prosessor.

3. Jauhakan dari benda yang mengandung medan magnetik kuat. Laptop sangat peka terhadap benda – benda yang mengandung daya magnet jadi jika kita sedang menggunakan Laptop jauhkan lah benda – benda yang mengandung medan magnet agar tidak merusak kinerja dari Laptop tersebut.

4. bersihkanlah Laptop secara berkala dan rutin. Bersihkan Laptop terutama pada bagian keyboard dan layar monitor. Untuk membersihkan keyboard dianjurkan menggunakan kuas yang halus dan untuk membersihkan layar monitor dianjurkan menggunakan pembersih khusus yang dapat kita beli di toko komputer.

5. Menggunakan pelindung keyboard, supaya terlindungi dari debu, air, dan lainnya! Karena biasanya di sela-sela keyboard sering kemasukan debu atau semacamnya dan akhirnya kongslet.

6. Teratur melakukan defragmenting dan disk cleanup biar laptop tidak lemot.

mugkin itulah cara yang sangat gampang untuk merawat Laptop agar tetap awet dan tahan lama



                                                                   
Kesimpulan
Pengertian laptopadalah sebuah perangkat komputer yang kecil dan episien untuk dibawa kemana mana dengan pasilitas dan kemampuan yang hampir sama dengan komputer,dengan nama laptop atauNotebook,yang bersipat portable
Cara merawat laptop dengan baik dan benar,caranya dengan memperhatikan baterai agar tidak mudah rusak dan selalu membersihkannya secara rutin.

0 komentar

Posting Komentar

Follower