PENYUSUN PEMBUATAN LAPORAN 

Topik        :komputer khusus
Judul        : penggunaan komputer di bidang kemiliteran
Kelompok :13.230.0074 (Trisnaning Larasati)
Materi :
Klasifikasi Komputer
Berdasarkan Sinyal Masukan
– Komputer Analog, menerima sinyal masukan
berupa data analog. Contoh : komputer
penghitung aliran BBM dalam SPBU
– Komputer Digital, mernerima masukan digital,
merupakan komputer kebanyakan yang kita kenal.
– Komputer hibrid, menerima masukan analog dan
digital
Berdasarkan Ukuran
• Berdasarkan ukuran fisik dan kapabilitasnya, komputer
dapat diklasifikasikan menjadi
– Komputer mikro, berukuran kecil, biasanya dipergunakan
oleh satu orang. Contoh : PC, Notebook, Palmtop, PDA
– Komputer Mini, berukuran lebih besar, biasa digunakan
untuk kebutuhan pekerjaan yang lebih besar juga. Contoh :
komputer Alfa
– Supercomputer, merupakan komputer berkinerja amat
tinggi, biasanya untuk memenuhi kebutuhan pemprosesan
yang amat besar. Contoh : Cray, DeepBlue, EarthSimulator
– Mainframe

Berdasarkan Tujuan Pembuatan
• Berdasarkan tujuan pembuatan, komputer dapat
diklasifikasikan menjadi
– General Purpose, merupakan komputer yang dikembangkan
untuk kebutuhan umum. Contoh : PC, Notebook, dll
– Special Purpose, merupakan komputer yang dikembangkan
untuk kebutuhan khusus. Contoh : komputer khusus untuk
bermain catur
• Catatan tambahan :
– dapat saja dibuat klasifikasi komputer berdasarkan berbagai
kriteria yang lain
– dengan amat cepatnya perkembangan teknologi perangkat
keras komputer, klasifikasi di atas boleh jadi sudah berubah
Berdasarkan Tujuan Pembuatan
Berdasarkan tujuan pembuatan, komputer dapat
diklasifikasikan menjadi

– General Purpose, merupakan komputer yang dikembangkan
untuk kebutuhan umum. Contoh : PC, Notebook, dll
– Special Purpose, merupakan komputer yang dikembangkan
untuk kebutuhan khusus. Contoh : komputer khusus untuk
bermain catur
2. Special Purpose Computer adalah komputer yang digunakan untuk menangani
satu jenis masalah khusus. Komputer jenis ini biasanya telah diisikan suatu
program komputer khusus, yang biasanya digunakan sebagai pengontrol
proses-proses tertentu pada mesin pabrik, kepentingan militer atau pemeriksaan
kesehatan.
Kemajuan pesat teknologi informasi secara khusus diimplementasikan dalam konsep yang disebut Perang Informasi (Information Warfare), yang menjadi landasan penting bagi pengembangan doktrin militer di masa yang akan datang. Dengan demikian teknologi informasi akan sangat berpengaruh terhadap bidang militer, dan dapat dilihat dari banyak sisi

Teknologi Informasi dapat membantu menyediakan informasi potensial lebih cepat dan banyak melalui rantai komando dan pengendalian untuk mempercepat pengambilan keputusan. Teknologi Informasi memungkinkan pasukan mendapat informasi pada waktu dan tempat yang tepat, sehingga akan mengurangi apa yang oleh Clausewitz disebut "kabut perang", dan juga membuat pasukan menjadi lebih fleksibel.
Komputer juga dicipta untuk tujuan perperangan dalam sistem senjata, pengendalian dan komunikasi. Kapal perang dan kapal terbang yang modern dipasang dengan peralatan komputer yang canggih untuk membantu dalam melakukan navigasi atau serangan yang lebih tepat. Komputer juga digunakan untuk latihan simulasi perperangan bagi calon prajurit untuk mengurangkan biaya.
Description: http://i902.photobucket.com/albums/ac224/Majextor/NCW3.jpg?t=1288813348
Implementasi dari teknologi informasi secara umum adalah berupa konsep Revolution in Military Affairs (RMA). RMA membahas konsep lingkup perang di masa yang akan datang, yaitu precision strike, dominating maneuver, space warfare, dan information warfare. Sesuai asas manajemen, teknologi informasi membuat organisasi militer dapat sedikit melonggarkan pengendalian. Teknologi Informasi memungkinkan kekuasaan pengambilan keputusan diserahkan pada tingkat serendah mungkin.
Dalam pengertian integrasi sistem, Teknologi Informasi membuat kompleksitas pada organisasi militer lebih berat dari pada sebelumnya. Kompleksitas ini dapat diatasi dengan menggunakan peranti lunak yang dirancang untuk keperluan tersebut terutama perkembangan pesat pada peranti lunak data base.














Peranan Komputer di Bidang Militer
Description: https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEiQR_ze4ELvyFUOZMmi_95GB-5zII7whYT_tmU0p51Lib0_-cm4JTGacGe_eiRvH_kbV9ao1a7XNUTOa6evK_PMO0bvqddHWF18fX_XmJI3Ner8x95NBwIrE1biEL2VQ443UvmixKX91unJ/s320/patriot+pac-2.jpg
Di bidang militer, tentu saja komputer memiliki banyak peranan penting, yaitu di antaranya :
Mengendalikan senjata dan peluru kendali, komputer digunakan untuk mensimulasikan perilaku sistem senjata dan memberikan praktik kepada orang yang dilatih dan memungkinkan mereka belajar dari kesalahan fatal yang mematikan. Computer juga dapat merekam kinerja yang berlatih dan menampilkannya kembali. Banyak anggota militer masuk medan perang dengan pengalaman terbatas dalam penggunaan amunisi.Komputer dapat digunakan untuk mengidentifikasi target dan mengarahkan peluru mereka. Tentara dan senjatanya dapat dilengkapi oleh penerima Global Positioning System (GPS) yang mengidentifikasi lokasi teman atau lawan. Bahkan computer pun dapat membantu menciptakan penangkal senjata yang notabene canggih seperti penangkal rudal. Peluru kendali (disingkat: rudal), peluru berpandu atau misil adalah senjata roket militer yang bisa dikendalikan atau memiliki sistem pengendali otomatis untuk mencari target atau menyesuaikan arah. Ada beberapa macan peluru kendali, yaitu :
Balistik, Peluru kendali yang memakai lintasan trayektori yang ditentukan oleh balistik dalam sistem pengirimannya. Peluru kendali ini hanya dikendalikan dalam masa peluncuran saja
Jelajah, Peluru kendali yang memakai sayap dan menggunakan jet sebagai tenaga penggerak. Peluru kendali jelajah intinya adalah bom terbang.
Anti kapal, Rudal yang fungsi utamanya adalah untuk menghancurkan kapal
Operasi persandian dan juga pengirimannya
Description: http://cache.lifehacker.com/assets/images/17/2011/11/bee90532f30e2dd41f3008bedf217fc4.jpg
Selaras dengan peningkatan tugas umum pemerintah dan pembangunan, perubahan lingkungan stategik persandian, dan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi, maka kegiatan persandian mengalami banyak perubahan. Pengembangan tersebut meliputi aspek pemanfaatan persandian di lingkungan instansi pemerintah, pengembangan organisasi, dan pengembangan teknologi persandian yang memanfaatkan kemajuan teknologi informasi dan komunikasi.
Dalam era teknologi informasi modern dikenal internet dan komputer yang mampu mentransmisikan secara elektronis (komunikasi elektronis) segala bentuk data informasi secara cepat, tepat, efektif efisien serta convenient (nyaman, gampang). Bahkan para industri teknologi informasi meng-claim dapat pula menjamin konfidensialitas (kerahasiaan) berita/informasinya dalam sistem komunikasi yang umum dan terbuka itu. Perlu diamati lebih dalam dan tajam apakah ”umum dan terbuka” itu benar-benar mampu melindungi konfidensialitas atau kerahasiaan pada umumnya.

Simulasi Perang
Description: http://images.gizmag.com/hero/8224_29100765802.jpg
Simulasi adalah program (software) komputer yang berfungsi untuk menirukan perilaku sistem nyata (realitas) tertentu. Tujuan simulasi antara lain untuk pelatihan (training), studi perilaku sistem behaviour) dan hiburan / permainan (game).Beberapa contoh simulasi komputer, antara lain : simulasi terbang (ight simulation), simulasi sistem ekonomi makro, simulasi sistem perbankan, simulasi antrian layanan bank (service queue), simulasi game strategi pemasaran (market game), simulasi perang (war game simulation), simulasi mobil (car simulation), simulasi tenaga listrik (power plan simulation), simulasi tata kota (sim city).
Dalam hal peningkatan kemampuan pasukan, US Army mencoba model pertempuran yang menghubungkan setiap prajurit dengan sistem senjata secara elektronis. Tim peneliti dari Motorola dan laboratorium US Army di Natick, Massachusetts, merencanakan suatu prototipe dari peralatan untuk tentara masa depan. Helm prajurit dilengkapi dengan mikrofon untuk komunikasi, night-vision goggles dan thermal-imaging sensors untuk melihat di tempat gelap, dilengkapi layar di depan mata untuk mengetahui posisi dan mampu memberikan informasi yang akurat. Selama simulasi pertempuran di Fort Leavenworth, Kansas, divisi infantri dengan 20.000 personel, yang dilengkapi perlengkapan yang mutakhir tersebut, mampu menaklukkan pasukan dengan kekuatan tiga kali lebih besar. (Washington, D. W. Onward Cyber Soldier. Time Magazine, 146 (8)
Navigasi alat-alat perang

Description: http://img.ehowcdn.com/article-new/ehow/images/a08/0e/ro/4-quadrants-military-map-800x800.jpg
Computer pun digunakan untuk navigasi alat perang, contohnya radar dan sonar. Radar adalah singkatan dari Radio Detection dan Ranging. Alat ini hampir sama dengan sonar, tetapi menggunakan gelombang radio sebagai pengganti gelombang suara. Gelombang radio dipancarkan dan dipantulkan kembali oleh benda keras yang diterpanya. Semakin jauh benda yang diterpa gelombang itu semakin lama waktu yang dibutuhkan oleh gelombang untuk kembali. Bentuk benda dan jaraknya ditayangkan pada sebidang layar mirip televisi.
Radar dikembangkan pada tahun 1930-an dan digunakan dalam Perang Dunia II untuk mengetahui kadatangan pesawat musuh. Kini radar digunakan dalam banyak bidang. Radar digunakan kapal laut dan pesawat terbang untuk melihat keadaan sekelilingnya pada waktu malam dan dalam kabut tebal.
Sonar adalah alat yang mula-mula digunakan untuk menemukan kapal selam di bawah air. Alat itu diciptakan oleh Inggris selama Perang Dunia I untuk memburu kapal selam Jerman yang menenggelamkan banyak kapal sekutu. Sonar merupakan akronim dan Sound Navigation and Ranging artinya navigasi dan penentuan jarak dengan bantuan bunyi.










  
Penyelesaian

Komputer khusus yang digunakan dalam militer untuk membantu mengontrol situasi di medan perang dari jarak jauh tanpa memakan korban manusia dan menjadikan waktu lebih efisien .













Kesimpulan
Berdasarkan pengamatan yang telah dilakukan komputer khusus sangat membantu para militer dalam peperangan khususnya ;dalam mengendalikan senjata pelurun kendali
.komputer juga dapat merekan kinerja yang berlatih dan menampilkannya kembali .

0 komentar

Posting Komentar

Follower