Topik     : Komputer Analog
Judul         : Voltmeter

Nama : HOFAR ISMAIL
NIM   : 13.230.0004


             I.              Pendahuluan


Komputer analog adalah istilah yang digunakan untuk menggambarkan alat penghitung yang bekerja pada level analog. Level analog di sini adalah lawan (dual) dari level digital, yang mana level digital adalah level tegangan 'high' (tinggi) dan 'low' (rendah), yang digunakan dalam implementasi bilangan biner. Secara mendasar, komponen elektronik yang digunakan sebagai inti dari komputer analog adalah op-amp (operational amplifier).
            Komputer analog digunakan untuk mengolah data yang sifatnya berkelanjutan dan bukan data yang berupa angka, melainkan dalam bentuk fisik seperti arus listrik, temperature, kecepatan, tekanan dan sebagainya. Output komputer analog biasanya berupa pengaturan atau pengendalian suatu mesin. Komputer ini banyak digunakan pada proses pengendalian pabrik kimia, pembangkit listrik, penyulingan minyak, atau rumah sakit untuk mengatur denyut jantung. Kelebihan komputer analog adalah kemampuannya untuk menerima data dalam besaran fisik dan dapat langsung mengukur data tersebut tanpa harus dikonversi dulu sehingga prosesnya lebih cepat. Keluarannya biasanya berbentuk graif atau bentuk dial. Contohnya pada besaran pada arus listrik yang berupa gambar-gambar grafik sinyal. Kekurangan jenis komputer ini terletak pada ketepatannya bila dibanding dengan komputer digital.
            Voltmeter adalah peralatan elektronika yang memiliki fungsi mengukur voltase / tegangan listrik. Baik tegangan berdaya rendah maupun daya tinggi, untuk pengukuran tegangan tinggi digunakan Voltmeter dengan daya besar serta harus dilakukan dengan sangat hati-hati, pasalnya tegangan tinggi listrik memiliki resiko yang sangat berbahaya, seperti sengatan listrik yang dapat membahayakan nyawa pengukur, selain itu radiasi yang di hasilkan dapat menyebabkan beberapa macam penyakit yang cukup menakutkan seperti kanker otak sampai hilang ingatan.


          II.              Permasalahan
Pengukuran Tegangan Tinggi secara manual sangat beresiko tinggi, karena mengandung radiasi listrik yang cukup berbahaya bagi kesehatan manusia, berdasarkan penelitian Wertheimer dan Leper tahun 1979 akibat dari radiasi ini dapat menimbulkan kanker otak dengan paparan medan elektromagnetik.

       III.              Penyelesaian
            Dengan menggunakan bantuan Komputer diharapkan Pengukuran ini menjadi mudah, dan lebih aman.
            Dibantu tambahan alat pengukur tegangan tinggi yang memiliki sensor tegangan  yang disambungkan ke komputer, sensor kemudian meredam tegangan tinggi sehingga radiasi yang muncul juga ikut teredam dan mengubah arus listrik menjadi data-data tegangan, data-data inilah yang akan dikirimkan ke komputer untuk diproses menjadi bentuk tulisan-tulisan pada monitor, sehingga hasil pengukuran dapat dianalisis dengan baik.

       IV.              Kesimpulan
            Komputer Analog dapat digunakan untuk membantu pekerjaan pengukuran tegangan tinggi, yang memiliki resiko selain tersengat juga dapat menyebabkan beberapa macam penyakit seperti kanker otak, gangguan ingatan, akibat radiasi elektromagnetik yang dihasilkan.
            Dengan menggunakan Voltmeter diharapkan dapat menghindari resiko tersengat serta mengurangi gangguan akibat radiasi.
          V.              Daftar Pustaka
http://id.wikipedia.org/wiki/Komputer_Analog
http://google.com

0 komentar

Posting Komentar

Arsip Blog

Follower