1. Topik   : Komputer Tujuan Khusus
  2.  Judul   : Komputer Tujuan Khusus sebagai Alat Navigasi di Kapal Selam
  3.   Kelompok       : 3
  4.  Nama   : Nisaul Mufida
  5.   NIM    : 13.230.0136
Materi  :



TUGAS PENGANTAR TEKNOLOGI INFORMASI
KOMPUTER TUJUAN KHUSUS SEBAGAI ALAT NAVIGASI DI KAPAL SELAM
Dosen  Pengampu  : Hari Agung B M.Kom


Kelompok 3
Nama : Nisaul Mufida
NIM  : 13.230.0136
Kelas : 1P53



STMIK WIDYA PRATAMA PEKALONGAN
2013

BAB I
PENDAHULUAN

A.      LATAR BELAKANG
Dengan berkembangnya pola pikir manusia, maka berkembang pula ilmu pengetahuan dan teknologi. Semakin berkembangnnya ilmu pengetahuan dan teknologi semakin memudahkan manusia untuk menyelesaikan pekerjaannya.
Salah satu perkembangan ilmu pengetahuan itu adalah dengan ditemukaanya komputer yang terus berkembang sampai saat ini. Komputer tidak hanya berguna untuk kehidupan sehari-hari saja, tapi dengan terus berkembangnya teknologi komputer juga dapat digunakan sebagai alat navigasi yang lebih canggih dari sebelumnya.
Pada zaman dahulu manusia sudah mengenal keberadaan sistem navigasi  dengan menggunakan pedoman benda-benda angkasa alamiah yaitu bulan, bintang, dan matahari sebagai penunjuk navigasi dan juga sebagai penunjuk waktu. Namun navigasi yang dilakukan dengan melihat posisi benda-benda langit seperti matahari dan bintang-bintang dilangit,  sulit dilakukan saat langit sedang mendung.
Atas dasar permasalahan itu, dan terus berkembangnnya teknologi. Maka penulis mencoba menjelaskan alat navigasi yang berkembang pada zaman sekarang.

B.       RUMUSAN MASALAH
Dalam penulisan ini diperlukan adanya penegasan mengenai masalah-masalah atau hal-hal yang disajikan, sehingga masalah tersebut menjadi jelas dan terarah. Permasalahan yang akan penulis sempurnakan dalam karya tulis ini adalah:
1.    Apa pengertian dari Komputer Tujuan Khusus (Special Purpose Computer)?
2.    Apa pengertian dari navigasi?
3.    Apa saja contoh penggunaan Komputer Tujuan Khusus (Special Purpose Computer) pada alat navigasi di kapal selam!



C.      TUJUAN PENULISAN
Makalah ini disusun oleh penulis dengan tujuan antara lain:
1.    Untuk mengetahui pengertian dari Komputer Tujuan Khusus (Special Purpose Computer)!
2.    Untuk mengetahui pengertian dari navigasi!
3.    Untuk mengetahui contoh penggunaan Komputer Tujuan Khusus (Special Purpose Computer) pada alat navigasi di kapal selam!





















BAB II
PENJELASAN

A. Pengertian Komputer Tujuan Khusus (Special Purpose Computer)

       Special Purpose Computer merupakan jenis komputer yang dirancang dan digunakan untuk tujuan-tujuan pemakaian pada masalah khusus dan biasanya hanya berupa satu masalah saja. Program komputer telah disediakan di dalamnya. Jenis komputer ini banyak dikembangkan untuk pengendalian otomatis pada proses industri, untuk tujuan militer atau navigasi di kapal selam dan pesawat, untuk bidang diagnosis dikedokteran, dan sebagainya. Special purpose computer pada awalnya merupakan general-purpose, yang digunakan secara khusus dan disesuaikan dengan konfigurasi ataupun peralatan didalamnya yang sudah dimodifikasi sedemikian rupa. Special perpose computer dapat berupa komputer analog,komputer digital dan komputer hibrid.

B. Pengertian Navigasi

       Navigasi berasal dari bahasa Yunani yang terdiri dari kata navis yang artinya perahu atau kapal dan agake yang artinya mengarahkan, secara harafiah artinya mengarahkan sebuah kapal dalam pelayaran. Dari waktu ke waktu seiring dengan perkembangan zaman kata ‘navigasi’ tidak lagi hanya digunakan dalam dunia maritime tetapi sering juga digunakan di daratan dan udara. Navigasi adalah cara menentukan posisi dan arah perjalanan baik di medan sebenarnya maupun pada peta.
            Navigasi erat hubungan nya dengan arah dan berpergian. Pada zaman dahulu, orang orang banyak menggunakan Navigasi alam pada saat berpergian agar tidak tersesat dalam perjalanannya dan dapat menemukan jalan kembali ke titik asal. Saat manusia belum mengenal tentang teknologi navigasi mereka masih menggunakan media alam seperti menggunakan pedoman benda-benda angkasa alamiah yakni bulan, matahari, dan bintang, namun seiring  dengan berkembangnya ilmu pengetahuan maka Navigasi alam bisa merupakan gugusan bintang, gunung, pohon, sungai, mata angin, dan lain sebagainya. Seorang pelaut selalu menggunakan teknik navigasi perbintangan pada zaman dahulu untuk mengetahui arah mana dan posisi mereka saat berlayar di lautan luas tanpa batas. Selain itu navigasi juga sangat berperan penting dalam membantu manusia di bidang pertanian karena manusia sebelum mengenal teknologi masih menggunakan alam sebagai alat navigasi mereka, dengan bantuan dari alam yang berdasar pada benda angkasa ilmiah mereka mapu untuk menentukan kapan waktu yang tepat untuk menanami sawah dan lading mareka dan mereka juga menggunakannya untuk menentukan waktu dan juga untuk kepentingan yang berkaitan dengan sistem kepercayaan mereka. Penciptaan teknologi biasanya membutuhkan bantuan di bidang ilmu pengetahuan, dan sebaliknya teknologi sangat diperlukan dalam untuk pengembangan ilmu pengetahuan yang dibutuhkan. Kebutuhan timbale balik inilah yang  kemudian menumbuhkan proses interaksi antara sains dan teknologi ( M. Sahari,2008: 46 )
            Untuk mendalami ilmu navigasi, teknik dan penggunaan alat bantu seperti Kompas, Peta,  Radar, dan  Global Positioning System (GPS). Selain itu, hal penting lainnya yang harus diketahui adalah membaca medan perjalanan dan tanda-tanda alam maupun buatan manusia sebagai penunjuk arah.
            Alat navigasi berkembang seiring dengan perkembangan akal pikiran manusia dan dengan perkembangan teknologi, sehingga manusia dapat mempermudah aktivitas mereka karena teknologi sangat berpengaruh terhadap kehidupan sehari-hari manusia dalam menentukan waktu dan memberikan efisiensi tenaga bagi manusia. Alat navigasi sendiri terbagi atas  beberapa macam dan mempunyai fungsi yang berbeda diantaranya adalah:
1.        Navigasi darat
2.        Navigasi laut
3.        Nanigasi sungai
4.        Navigasi udara

C. Contoh penggunaan Komputer Tujuan Khusus pada Navigasi di Kapal Selam

       Navigasi yang banyak dipakai di kapal laut sebagai sarana pengaman dan sebagai alat penunjuk jalan maupun alat komunkasi ketika berada di tengah hamparan laut,  menggunakan alat navigasi laut seperti kompas, peta, rada maupun GPS sebagai sarana alat bantu mereka ketika mengarungi lautan lepas.
1.      GPS
GPS(Global Positioning Satelite) adalah perangkat yang dapat mengetahui posisi koordinat bumi secara tepat yang dapat secara langsung menerima sinyal dari satelit. Perangkat GPS modern menggunakan peta sehingga merupakan perangkat modern dalam navigasi di darat, kapal di laut, sungai dan danau serta pesawat udara
Global Positioning System (GPS) adalah satu-satunya sistem navigasi satelit yang berfungsi dengan baik. Sistem ini menggunakan 24 satelit yang mengirimkan sinyal gelombang mikro ke Bumi. Sinyal ini diterima oleh alat penerima di permukaan, dan digunakan untuk menentukan posisi, kecepatan, arah, dan waktu. Sistem yang serupa dengan GPS anatara lain GLONASS Rusia, Galileo Uni Eropa, IRNSS India.

Sistem ini dikembangkan oleh Departemen Pertahanan Amerika Serikat, dengan nama lengkapnya adalah NAVSTAR GPS (kesalahan umum adalah bahwa NAVSTAR adalah sebuah singkatan, ini adalah salah, NAVSTAR adalah nama yang diberikan oleh John Walsh, seorang penentu kebijakan penting dalam program GPS).[1] Kumpulan satelit ini diurus oleh 50th Space Wing Angkatan Udara Amerika Serikat. Biaya perawatan sistem ini sekitar US$750 juta per tahun,[2] termasuk penggantian satelit lama, serta riset dan pengembangan.
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEhsLfm8lrzmgCi6Lad45p-Rzut-5VaPohLIh5mBZiRBLvjg2aVqkthykZAW5yvVC5BJKrWsabBZKAIITne8H2L1H_1ti9MPFVY79uAE5opvTO6rmlH6PndcmoF8ZSNgXsWxG4ErquXBgDVk/s320/radar.jpg

2.      Radar
Radar  sangat bermanfaat dalam navigasi kapal laut dan kapal terbang modern sekarang dilengkapi dengan radar untuk mendeteksi kapal/pesawat lain, cuaca/ awan yang dihadapi di depan sehingga bisa menghindar dari bahaya yang ada di depan pesawat/kapal.
Radar (dalam bahasa Inggris merupakan singkatan dari radio detection and ranging, yang berarti deteksi dan penjarakan radio) adalah sistem yang digunakan untuk mendeteksi, mengukur jarak dan membuat map benda-benda seperti pesawat dan hujan. Istilah radar pertama kali digunakan pada tahun 1941, menggantikan istilah dari singkatan Inggris RDF (Radio Directon Finding). Gelombang radio kuat dikirim dan sebuah penerima mendengar gema yang kembali. Dengan menganalisa sinyal yang dipantulkan, pemantul gema dapat ditentukan lokasinya dan kadang-kadang ditentukan jenisnya. Walaupun sinyal yang diterima kecil, tapi radio sinyal dapat dengan mudah dideteksi dan diperkuat.

Gelombang radio radar dapat diproduksi dengan kekuatan yang diinginkan, dan mendeteksi gelombang yang lemah, dan kemudian diamplifikasi( diperkuat ) beberapa kali. Oleh karena itu radar digunakan untuk mendeteksi objek jarak jauh yang tidak dapat dideteksi oleh suara atau cahaya. Penggunaan radar sangat luas, alat ini bisa digunakan di bidang meteorologi, pengaturan lalu lintas udara, deteksi kecepatan oleh polisi, dan terutama oleh militer.
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEhN7a1aZm3i6TstkpXRY2NcdadmVnCTrCc1UedDj4x4VJlGJYS_ni6b2UJ3zYIm30Z2B483TaQpoNGy4eJrV3B4D4hVfe6_cUXMI7oasGXWjH4HyYT5sI-BxPDyJRdGNDmvHzmUKIBcFy5c/s320/arpa.jpg














BAB III
KESIMPULAN

          Dengan berkembangnya ilmu pengetahuan, dan penemuan para ilmuan. Sekarang kita terutama para pelaut sudah dimudahkan untuk menentukan arah tujuan dengan ditemukannya alat-alat:
1.     GPS merupakan perangkat yang dapat mengetahui posisi koordinat bumi secara tepat yang dapat secara langsung menerima sinyal dari satelit.
2.     Radar adalah sistem yang digunakan untuk mendeteksi, mengukur jarak dan membuat map benda-benda seperti pesawat dan hujan, dsb.



















DAFTAR PUSTAKA

http://sejarah-andychand.blogspot.com/2012/04/sejarah-perkembangan-navigasi-indonesia.html




 

0 komentar

Posting Komentar

Arsip Blog

Follower