1.      TOPIK
KOMPUTER ANALOG

2.      JUDUL
AMPEREMETER

3.      KELOMPOK
KOMPUTER ANALOG
DEDE YULIANSYAH – 13.230.0035

4.      MATERI
PENDAHULUAN
Analog Computer adalah komputer yang bekerja secara paralel (analog) untuk mengolah data yang sifatnya berkelanjutan (kontinyu), datanya berupa besaran fisik dan angka-angka (kuantitatif) seperti temparatur, tekanan udara, kecepatan angin, arus listrik, gelombang suara, dll. Output komputer analog biasanya berupa pengaturan atau pengendalian (control) sebuah mesin. Komputer ini banyak digunakan pada pengendalian industri kimia, pembangkit listrik, penyulingan minyak, atau rumah sakit untuk memantau denyut jantung.
CONTOH ALAT BERBASIS ANALOG :
AMPEREMETER
Amperemeter adalah alat yang digunakan untuk mengukur mengukur kuat arus yang mengalir dalam suatu rangkaian listrik. Amperemeter dihubungkan seri dengan rangkaian. Putuskan rangkaian, kemudian sambung kembali dengan Amperemeter.
Penggunaan Amperemeter
Rangkaian yang akan ditest diatur dalam keadaan “OFF” (putuskan rangkaian dengan batterei atau pada hubungan dalam rangkaiannya). Atur saklar (knob) putar pada skala tertinggi. Hubungkan jarum penduga/probe positif + (merah) pada pada input +supply (sisi baterai) dan jarum penduga negatif - (hitam) pada sambungan input komponen. Nyalakan rangkaian beban dan perhatikan penyimpangan yang ditunjukkan oleh jarum meter. Jika pembacaan meter berada di bawah range, matikan rangkaian dan pindahkan saklar putar pada tingkat yang lebih kecil. Dengan demikian akan diperoleh hasil pembacaan yang lebih akurat. Hitung pembacaan meter dengan membaca skala range dan pembagian skala.
Sebagai contoh, misalkan batas ukur amperemeter 1 A dan skala maksimumnya 50. Jika jarum penunjuknya menunjuk angka 20 pada skala, kuat arus listrik yang melaluinya dapat dihitung dengan rumus sebagai berikut.
Daricontoh diatas, kita memperoleh persamaan:
Jadi, kuat arus listrik yang melalui amperemeter adalah 0,4 A

5.      PERMASALAHAN
Banyak pengukuran arus listrik bersifat manual yang dilakukan mempunyai banyak efek samping dan hasil input yang salah. Dari penelitian yang sudah dilakukan pengukuran secara manual menimbulkan efek samping diantaranya kelumpuhan,kebakaran dan kematian. Hal ini menuntut sebuah alat yang bisa digunakan untuk mengukur tegangan arus listrik dengan aman dan hasil yan g akurat.

6.      PENYELESAIAN
Dari permasalahan diatas maka dapat dibuat suatu alat yang bisa mengukur tegangan arus listrik dan sistem pengukurannya akurat yaitu alat yang bernama amperemeter. Amperemeter mempunyai sistem kerja yang berbasis komputer analog. Dari hasil percobaan dan berhasil diciptakan suatu alat yang bisa mengukur tegangan arus listrik dan bisa membantu pekerjaan manusia.

7.      KESIMPULAN
Dari tugas ini saya bisa menyimpulan bahwa komputer analog komputer yang berjalan bertahap atau berkelanjutan dan mempunyai sistem tegangan low dan tegangan high. Dan hal ini bisa diterapkan dalam sistem kerja alat amperemeter. Amperemeter digunakan untuk menghitung tegangan arus listrik yang berbasis analog.



0 komentar

Posting Komentar

Arsip Blog

Follower