KOMPUTER ANALOG

PENGGUNAAN BAROMETER DALAM PRAKIRAAN CUACA

KELOMPOK 1: TRI RATNA KUMALASARI (13.230.0038)

1.      PENDAHULUAN

Menurut data yang diolah, komputer dibagi menjadi 3 jenis, yaitu: komputer analog, komputer digital, dan komputer hybrid.
Analog Computer atau komputer analog, adalah komputer yang bekerja secara paralel (analog) untuk mengolah data yang sifatnya berkelanjutan (kontinyu). Datanya berupa besaran fisik dan angka-angka (kuantitatif) seperti temparatur, tekanan udara, kecepatan angin, arus listrik, gelombang suara, dan lain-lain. Output komputer analog biasanya berupa pengaturan atau pengendalian (control) sebuah mesin. Komputer ini banyak digunakan pada pengendalian industri kimia, pembangkit listrik, penyulingan minyak, atau rumah sakit untuk memantau denyut jantung.
Salah satu contoh dari penggunaan komputer analog adalah Barometer, atau bisa disebut juga sebagai alat pengukur tekanan udara. Alat ini umumnya digunakan dalam prakiraan cuaca, di mana tekanan udara tinggi menandakan cuaca yang ‘bersahabat’ sedangkan tekanan udara rendah menandakan kemungkinan terjadinya badai.

Penemu barometer adalah Evangelista Torricelli, seorang fisikawan dan matematikawan Italia yang hidup pada awal tahun 1600-an. Torricelli adalah seorang ilmuwan muda yang tertarik mempelajari fenomena tekanan udara.
Pada masa Torricelli hidup, orang sebenarnya sudah menduga bahwa cuaca buruk atau badai terjadi akibat adanya tekanan udara yang berubah. Namun, mereka belum memiliki cara untuk mengukur tekanan udara.
Kemudian, Torricelli menggunakan tabung kaca dan air raksa untuk membuat barometer pertama sekitar tahun 1644.
Torricelli berpendapat jika dia bisa menemukan cara mengukur tekanan udara, maka fenomena perubahan tekanan udara bisa lebih dipahami.
Pada akhirnya, Torricelli berhasil menyimpulkan adanya hubungan antara perubahan tekanan udara dan perubahan cuaca.
Dengan barometer buatan Torricelli, orang menjadi mampu mengukur tekanan udara dan membuat prediksi perihal perubahan cuaca.
Sampai sekarang barometer masih digunakan untuk memprediksi perubahan cuaca.
Pada awalnya, sebenarnya Galileo yang saat itu menjadi teman Torricelli yang menyarankan pembuatan barometer. Torricelli pernah menjadi asisten dan sekretaris Galileo beberapa bulan sebelum Galileo wafat.
Sedangkan, istilah Barometer diperkenalkan pada 1665-1666 oleh seorang ilmuwan alam dari Irlandia bernama Robert Boyle. Kata tersebut diturunkan dari istilah Yunani báros yang berarti 'berat, bobot' dan métron yang berarti 'ukuran', yang berarti ukuran berat udara.
Selain untuk prakiraan cuaca, barometer juga mempunyai kegunaan lain, seperti: mengukur ketinggian dalam dunia penerbangan, mengontrol tekanan udara pada sebagian proses perakitan untuk menjaga kualitas produk dalam dunia industri, bahkan untuk mengukur hubungan kesehatan seseorang dengan tekanan atmosfer di sekitarnya dalam dunia kesehatan.
Di dalam makalah ini, akan dibahas lebih lanjut tentang penggunaan barometer sebagai alat prakiraan cuaca.

2.      Permasalahan

Barometer digunakan terutama oleh ahli meteorologi, pilot, dan pelaut. Barometer digunakan untuk memprediksi kondisi cuaca dengan mengukur perubahan tekanan atmosfer.
Barometer tidak memberitahu cuaca pada saat itu, melainkan memprediksi cuaca yang akan terjadi satu atau dua hari kemudian.
Barometer akan berfungsi sama baiknya saat diletakkan di dalam maupun diluar ruangan.
Terdapat empat jenis barometer, yaitu:

a. Barometer air

Barometer air – juga dikenal sebagai termometer Goethe – terdiri dari wadah kaca tertutup yang setengah terisi air dan semacam cabang kecil (cerat).
Cerat kaca terhubung ke wadah kaca. Karena saling terhubung, cerat dan wadah kaca akan terisi air.
Ketika tekanan atmosfer rendah, level air pada cerat perlahan akan naik melebihi permukaan air dalam wadah kaca.
Bila level air di cerat turun, hal ini berarti tekanan atmosfer berubah menjadi lebih tinggi.

b. Barometer aneroid

Diciptakan pada tahun 1843, barometer aneroid memiliki mekanisme yang rumit untuk membaca perubahan tekanan atmosfer.
Barometer aneroid terdiri dari wadah dan semacam logam lentur yang dikenal sebagai kapsul aneroid atau sel.
Aneroid ini terbuat dari paduan berilium dan tembaga. Wadah kemudian disegel setelah udara dikosongkan.
Ketika kotak logam mengembang atau menyusut karena perubahan tekanan luar, perangkat dalam barometer menerjemahkannya menjadi pembacaan tekanan udara.

c. Barograf (barograph)

Barograf merupakan jenis barometer aneroid, namun tidak hanya melakukan pembacaan melainkan juga merekam hasil pencatatan selama periode waktu tertentu.
Dibuat dari silinder logam dengan lengan pena, barograf membaca perubahan tekanan atmosfer seperti barometer aneroid sedangkan lengan pena mencatat hasil pengukuran pada kertas atau media lain.
Hasil pencatatan ini – dikenal sebagai barogram – memungkinkan para ilmuwan dan ahli meteorologi untuk mempelajari iklim suatu daerah dalam jangka panjang, bukan hanya cuaca dalam satu hari.

d. Barometer air raksa

Barometer air raksa terbuat dari tabung kaca lurus yang disegel pada salah satu ujungnya.
Ujung tabung yang terbuka diletakkan tegak dalam semacam piring (dikenal pula sebagai reservoir) yang diisi dengan air raksa.
Barometer air raksa mengukur tekanan atmosfer dengan menyeimbangkan berat merkuri dengan berat udara di sekitarnya.
Bagian kosong di tabung bagian atas menciptakan efek vakum. Ketika tekanan atmosfer turun, kolom merkuri dalam tabung kaca juga turun, fenomena yang menandakan potensi badai. Saat badai berlalu, level merkuri akan mulai naik seiring dengan tekanan atmosfer yang juga naik.

Prinsipnya, Pada suhu dan tekanan normal tinggi air raksa berkisar pada 76 cm.
Karena terdapat daerah hampa di bagian atas barometer, kolom merkuri tidak mengalami tekanan dari ujung atas tabung kaca.
Jadi, kolom merkuri di tabung kaca naik atau turun karena efek tekanan atmosfer pada permukaan wadah air raksa sehingga mencerminkan tekanan atmosfer total pada tempat tersebut.
Untuk meningkatkan akurasi, barometer raksa bisa dilengkapi dengan dua peralatan tambahan, yaitu:
Pertama adalah skala verneir yang membantu pembacaan barometer agar lebih akurat dibanding hanya menggunakan skala barometer biasa.
Kedua adalah termometer yang digunakan sebagai pengoreksi terhadap kesalahan faktor luar seperti perubahan kepadatan air raksa dan perubahan bahan.
Pompa vakum adalah alat yang digunakan untuk mengisi raksa pada barometer air raksa. Pompa vakum membuat tabung kaca menjadi hampa. Air raksa kemudian ditarik ke dalam tabung gelas dari wadah dan mengisi sebagian tabung kaca.
Salah satu fitur unik dari barometer raksa adalah bahwa tingi raksa tidak akan berubah meskipun ukuran tabung kaca yang digunakan berbeda ukuran.
Hal ini karena level air raksa dalam tabung kaca hanya bergantung pada tekanan atmosfer.
Barometer dapat dibuat menggunakan cairan apapun. Namun, air raksa dipilih sebagai substansi ideal untuk barometer. Karena, air raksa lebih padat dari kebanyakan cairan lain, dan memiliki titik didih yang lebih tinggi. Air raksa juga relatif mudah didapatkan.

3.      Penyelesaian

Banyak barometer menyertakan label seperti “hujan” atau “cuaca cerah” untuk memudahkan pengguna memahami hasil pembacaan tekanan udara.
Namun, mengetahui prinsip dasar dan cara mengartikan pembacaan tekanan udara akan memudahkan pemahaman terhadap kaitan perubahan tekanan dengan cuaca.
Berikut adalah cara memahami pembacaan barometer.

1.      Memahami fungsi barometer.
Barometer merupakan alat yang digunakan untuk mengukur tekanan udara.
Pola cuaca selalu berubah yang dipicu oleh perubahan tekanan udara.
Pada suatu saat tekanan udara di suatu tempat meningkat, namun di saat lain tekanan mungkin turun.
Dengan mengamati perubahan tekanan udara, seseorang dapat memahami pola cuaca di daerah tersebut.

2. Memahami arti pembacaan saat tekanan atmosfer tinggi.
Secara umum, tekanan udara tinggi berarti cuaca beberapa waktu ke depan akan cerah dan kering. Tekanan tinggi berarti udara sangat padat.
Kepadatan tersebut menyebabkan udara perlahan-lahan jatuh. Ketika ini terjadi, udara menjadi hangat sehingga mencegah pembentukan awan.
Oleh karena itu, tekanan udara tinggi biasanya berarti cuaca cerah.

3. Memahami arti pembacaan saat tekanan atmosfer rendah.
Secara umum, tekanan rendah berarti kemungkinan akan terjadi hujan. Tekanan rendah berarti kerapatan udara juga rendah.
Hal ini menyebabkan kolom udara naik lebih tinggi di atmosfer dan menjadi lebih dingin.
Jika udara tersebut mengandung kelembaban cukup tinggi, maka awan akan segera terbentuk dan menyebabkan hujan.

4. Memahami bahwa tekanan yang meningkat biasanya menunjukkan cuaca yang akan cerah.
Barometer tidak menunjukkan cuaca pada saat pembacaan, melainkan kecenderungan cuaca yang akan terjadi satu hingga dua hari berikutnya.
Tekanan udara yang meningkat berarti dalam dua hari ke depan langit akan bersih dan cuaca akan cerah.

5. Memahami bahwa ketika pembacaan barometer turun, cuaca akan cenderung berubah hujan dan berangin.
Tekanan udara yang turun dengan tiba-tiba berarti badai akan segera datang.

4.       Simpulan

Barometer adalah sebuah alat yang digunakan untuk mengukur tekanan udara pada suatu tempat, baik di dalam maupun di luar ruangan. Alat ini umumnya digunakan sebagai alat prakiraan cuaca, jika tekanan udara tinggi berarti cuaca berkemungkinan cerah. Namun, sebaliknya jika tekanan udara rendah berarti cuaca berkemungkinan mendung, hujan atau bahkan badai.
Barometer tidak menunjukkan prakiraan cuaca yang akan terjadi pada hari itu. Namun, barometer biasanya menunjukkan cuaca yang akan terjadi dalam satu atau dua hari ke depan.
Substansi yang ideal digunakan untuk barometer adalah air raksa. Karena, air raksa lebih padat dari cairan yang lainnya, dan memiliki titik didih yang lebih tinggi. Ketinggian air raksa dalam tabung kaca tidak akan berubah meskipun tabung kaca yang digunakan berbeda ukuran. Ini terjadi karena ketinggian air raksa dalam tabung kaca hanya dipengaruhi oleh tekanan udara di sekitarnya.

5.       Daftar Pustaka


2 komentar

  1. Unknown  

    Dear Sir,

    We are Owners of Nautical gifts shops in Bulgaria with experience more than 20 years.Our Suppliers are mainly from India and Malaysia.

    Could you revert with size,price and MOQ of your Aneroid Barometers

    Thanks and best regards
    Anton Ivanov
    Zodiac Shipping Ltd
    9000 Varna
    Bulgaria

  2. Unknown  

    Dear Sir,

    We are Owners of Nautical gifts shops in Bulgaria with experience more than 20 years.Our Suppliers are mainly from India and Malaysia.

    Could you revert with size,price and MOQ of your Aneroid Barometers

    Thanks and best regards
    Anton Ivanov
    Zodiac Shipping Ltd
    9000 Varna
    Bulgaria

Posting Komentar

Arsip Blog

Follower