Nama:tabah rilo pambudi
Nim:13.230.0108
Kelas:1P53
SISTEM INFORMASI RUMAH SAKIT
2. PELAYANAN
SIRs mendata semua kegiatan yang dilakukan pada saat
pelayanan diberikan dari muiai Diagnosa sarnpai Pengobatan yang diberikan.
Setiap tindakan yang mempunyai tarif akan otomatis ditampilkan tarif dari
tindakan tersebut sehingga apabila pasien telah selesai melakukan tindakan,
maka billing pasien langsung dapat di peroleh.
Dalam Sistem ini tarif dibagi menjadi 2 yaitu tarif
rumah sakit serta tarif Dokter, sehingga perhitungan pendapatan Dokter dapat
langsung diperoleh setiap dokter selesai melakukan pelayanan.
Adapaun jenis-jenis Pelayanan dibagi seperti beikut
ini :
§ UGD
Modul ini digunakan untuk mengelola daftar pasien yang
berkunjung, termasuk daftar riwayat kesehatan pasien, pencatatan pemeriksaan
dan tindakan kepada pasien serta dilengkapi dengan fasititas penanganan
operasi/bedah kecil.
Modul ini juga dilengkapi dengan fasititas pencatatan
tindakan dan hasil pembedahan, serta laporan-laporan yang menyangkut pelayanan
emergency dan tindakan pembedahan laporan morbiditas, mortalitas serta laporan
komplikasi pasien.
§ Rawat Jalan
Modul ini digunakan untuk mengelola daftar pasien yang
berkunjung, termasuk daftar riwayat kesehatan pasien, pencatatan pemeriksaan
dan tindakan kepada pasien. Modul ini juga dilengkapi dengan laporan-laporan
menyangkut pasien yang
berkunjung dan diagnosa penyakit, rujukan dan obat
yang telah diberikan.
§ Rawat Inap
Modul ini digunakan secara khusus untuk menangani
pasien rawat inap, dimulai sejak pasien masuk sampai pasien keluar kembali.
Modul ini terdiri dari lima (5) modul yaitu:
1. Sub Modul Register, sub modul ini digunakan untuk
mengolah dan mencatat tentang pasien yang masuk, pindah dan keluar, pada sub
modul ini juga akan dicatat beberapa informasi mengenai pasien yaitu menyangkut
biografi pasien, demografi, penanggung jawab medis pasien.
2. Sub Modul Data Perawatan, sub modul ini digunakan
untuk mencatat data pasien atas tindakan-tindakan perawatan yang diberikan.
Pencatatan tersebut antara lain menyangkut denyut nadi, suhu badan, tekanan
darah, pernafasan dan lain-lainnya. Pada sub modul ini juga akan dicatat
Riwayat Penyakit, Pemeriksaan Jasmani, Tindakan, Pengobatan (farmasi), Laboratorium,
Gizi, Radiologi dan lnstruksi Dokter serta Catatan-catatan Evaluasi untuk
menuju kearah penyembuhan.
3. Sub Modul Pengendalian Ruangan dan Tempat Tidur,
sub modul ini digunakan untuk mengatur dan mengendalikan penggunaan ruangan dan
tempat tidur di rumah sakit.
4. Sub Modul Biaya-biaya Keperawatan Lainnya, sub
modul ini digunakan untuk mencatat data-data mengenai biaya keperawatan lainnya
yang belum tercakup. Biaya-biaya tersebut misaInya pemakaian perawatan,
oksigen, fasilitas tambahan dan lain-lainnya. Untuk biaya seperti ruang/tempat
tidur, dokter, tindakan, pemeriksaan penunjang medis dapat secara langsung
tercatat pada saat tiap kegiatan di[akukan.
5. Sub Modul Laporan Manajemen Pelayanan Rawat Inap,
Sub modul ini digunakan untuk menghasilkan laporan-laporan yang berhubungan
dengan manajemen pelayanan rawat inap, seperti: laporan pasien masuk dan keluar
dengan kondisi terakhir, laporan harian diagnosa pasien rawat inap perbangsal
serta laporan-laporan lainnya.
§ Bedah
Manajemen Bedah dicatat datam Modul ini, dan modul ini
terhubung dengan ruang perawatan Untuk Pemesanan dan Persiapan Bedah, sementara
Administrasi dibedah terdiri dari Laporan Bedah serta Laporan Paska bedah dan
Rujukan Ke Penunjang Medis Pada Saat Bedah dilakukan.
§ ICU
Sistem ICU terpisah dari sistem Rawat Inap karena
dalam pengelolaannya mempunyai manajemen tersendiri.
contoh
input
pasien
regristrasi
ruangan
administrasi
proses
pengobatan
perawat
dokter
output
penyelesaian administrasi
Posting Komentar