Nama : Nisaul Mufida
NIM : 13.230.0136
Kelompok : 3
Judul : Telepon IP
BAB I
PENDAHULUAN
A.
Latar
Belakang
Pada era globalisasi
ini perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi sangat cepat dan pesat. Salah
satunya dibidang komunikasi dimana saat ini komunikasi yang cepat dan praktis
sangat dibutuhkan. Dengan adanya telekomunikasi ini dapat diketahui sebuah
informasi dan dapat berbicara tanpa mengenal batas dimana dan kapanpun. Salah
satu teknologi dibidang komunikasi adalah
telepon.
Alat
komunikasi telpon adalah alat komunikasi yang digunakan untuk menyampaikan pesan suara (terutama
pesan yang berbentuk percakapan). Kebanyakan telepon beroperasi dengan
menggunakan transmisi sinyal elektrik dalam jaringan telepon sehingga
memungkinkan pengguna telepon untuk berkomunikasi dengan pengguna lainya.
Alat komunikasi ini sangat bermanfaat bagi kehidupan manusia dalam
berkomunikasi. Hal ini ditandai begitu pesatnya perkembangan alat telepon dari awal ditemukan
hingga sekarang. Salah satu jenis telepon yang
ada adalah telepon IP.
Berdasarkan paparan di atas, penulis tertarik untuk membahas lebih dalam tentang telepon IP.
B.
Rumusan
Masalah
Berdasarkan latar belakang masalah di atas, maka permasalahan dalam tulisan
ini adalah :
1.
Apa pengertian telepon IP?
2.
Bagaimana cara kerja telepon IP?
3.
Apa saja keuntungan dari telepon IP?
C.
Tujuan
Penulisan
Tujuan dari penyusunan makalah ini adalah:
1.
Untuk mengetahui pengertian telepon IP!
2.
Untuk
mengetahui cara kerja telelepon IP!
3.
Untuk
mengetahui kelebihan dari telepon IP!
BAB II
PEMBAHASAN
A.
Pengertian
Telepon IP
Telepon IP (Internet Protocol) merupakan telepon teknologi
baru yang menggunakan internet protocol dalam pengoperasiannya. Telepon IP ini
dapat digunakan untuk memindahkan hubungan untuk mengganti suara, mengirim fax,
paket video, dan bentuk penyampaian informasi lainnya yang telah digunakan pada
sistem telepon terdahulu. Telepon IP menggunakan koneksi internet untuk
mengirimkan data. Dalam perkembangannya, layanan telepon IP akan bekerja sama
dengan perusahaan telepon lokal, provider jarak jauh seperti AT&T,
perusahaan TV cabel, Internet Service Providers (ISPs), dan operator layanan
wireless. Telepon IP merupakan bagian penting dalam penggabungan antara
komputer, telepon, dan televise dalam satu lingkungan komunikasi. VoIP (Voice
over IP) adalah pengorganisasian untuk menstandardisasi telepon IP. VoIP
digunakan sebagai landasan untuk unified message (UM) dan unified
communications (UC). Tanpa VoIP, integrasi dari berbagai program server
akan sulit dilakukan. Jaringan yang ada pada IP bukan tipe yang siap untuk
menghadapi lalu lintas VoIP sistem LAN harus dibagi antara VLAN dengan pesan
suara dan data.
B.
Cara
Kerja Telepon IP
Pesawat telepon
khusus ini kelihatannya sama dengan telepon biasa. Tapi selain mempunyai
konektor RJ-11 standar, IP Phones juga mempunyai konektor RJ-45. IP Phones
menghubungkan langsung dari telepon ke router, dan didalam IP Phones sudah ada
semua perangkat keras maupun lunak yang sudah terpasang didalamnya yang
menunjang melakukan pemanggilan IP. Tidak lama lagi, IP Phone nirkabel
(wireless) akan tersedia, dan memungkinkan para pengguna untuk melakukan
panggilan VoIP dari hotspot yang tersedia.
Dalam dunia telekomunikasi
telepon dikenal dua sistem yang umum yaitu sistem PBX (Private Branch Exchange)
dan PABX (Private Automatic Branch Exchange).
PBX
IP PBX adalah sistem telepon yang lengkap yang menyediakan panggilan telepon melalui jaringan data IP. Semua percakapan akan dikirim sebagai paket data melalui jaringan. Teknologi ini mencakup fitur-fitur komunikasi canggih, tetapi juga memberikan keleluasaan dalam pengembangan (expansi) dan keawetan yang diinginkan semua perusahaan.
PBX
IP PBX adalah sistem telepon yang lengkap yang menyediakan panggilan telepon melalui jaringan data IP. Semua percakapan akan dikirim sebagai paket data melalui jaringan. Teknologi ini mencakup fitur-fitur komunikasi canggih, tetapi juga memberikan keleluasaan dalam pengembangan (expansi) dan keawetan yang diinginkan semua perusahaan.
Perusahaan tidak perlu mengganggu/mengubah infrastruktur komunikasi eksternal yang ada: Sebuah IP PBX dapat terhubung ke jalur PSTN tradisional melalui gateway VOIP sehingga perusahaan dapat tetap menggunakan nomor telepon reguler
PABX
PABX kepanjangan dari Private Automatic Branch eXchange yaitu perangkat yang berfungsi sebagai Pemusatan telepon, dalam suatu lokasi tertentu, misalnya : kantor, gedung, perumahan, dll.
Perangkat PABX ini yang mengatur panggilan yang masuk serta meneruskan panggilan ke nomor tujuannya, sehingga pengguna dapat dengan mudah melakukan penggilan ke nomer tujuan, cukup dengan menekan nomor tujuan nya (nomor extension atau nomer rumah).
Sistem PABX memiliki beberapa/ banyak sambungan kabel yang mengarah pada sebuah switchboard. Itulah sebabnya mengapa ada istilah "branch" dalam kepanjangan PABX, karena "branch" atau cabang ini mengacu kepada banyaknya sambungan yang dihubungkan ke PABX. Alat PABX merupakan teknologi yang canggih karena dapat digunakan sebagai telepon, modem dan mesin fax, serta bisa digunakan sebagai alat komunikasi internal karyawan di kantor.
Cara kerja IPPBX
Sebuah sistem IP PBX terdiri dari satu atau lebih telepon SIP, server IP PBX dan secara opsional VOIP Gateway untuk terhubung ke jalur PSTN yang ada. Fungsi PBX IP server mirip dengan cara kerja proxy server: klien SIP, baik berupa software (softphone) atau perangkat keras berbasis ponsel, mendaftar ke server IP PBX, dan ketika mereka ingin membuat panggilan mereka meminta IP PBX untuk melakukan panggilan. IP PBX memiliki daftar semua ponsel / pengguna dan alamat yang sesuai dengan SIP mereka dan dengan demikian dapat menghubungkan panggilan internal atau rute panggilan eksternal baik melalui gateway VOIP atau penyedia layanan VOIP.
Sedangkan PABX
Cara kerja PABX adalah bahwa sesungguhnya perangkat ini merupakan modem yang berfungsi sebagai control station pusat. Setiap kali ada telepon baru yang masuk, maka telepon tersebut akan di-routing (diarahkan) melalui control station ini. Karena di dalam sistem PABX tersebut telah dimasukan kode tertentu untuk masing-masing nomor telepon di kantor, atau untuk masing-masing extension, maka telepon masuk tersebut akan diarahkan ke tujuan yang tepat dengan menggunakan kode tersebut.
C.
Kelebihan
dan Kekurangan Telepon IP
Keuntungan IP PBX
·
Jauh lebih mudah untuk menginstal &
mengkonfigurasi daripada sistem telepon proprietary
·
Lebih mudah untuk mengelola karena konfigurasi
IP PBX menggunakan antar muka GUI berbasis web
·
penghematan biaya yang signifikan menggunakan
penyedia VOIP
·
Tidak perlu lagi kabel telepon!
·
Terhindar dari ketergantungan vendor/Brand.PBX
IP didasarkan pada standar terbuka SIP
·
Meningkatkan pelayanan kepada pelanggan Anda
·
Dapat Fitur dobel dengan harga diskon 50%
·
Memungkinkan hot desking dan roamingHot desking
- proses yang dapat dengan mudah memindahkan kantor / meja didasarkan pada
tugas di tangan, telah menjadi sangat populer
·
IP Phone lebih mudah di gunakan
Kegunaan PABX
·
PABX juga dapat diprogram sehingga akan
muncul greeting otomatis setiap kali ada telepon masuk sebelum diarahkan ke
tujuan yang bersangkutan. Untuk tujuan fungsi fax, Anda dapat memprogram
sambungan yang melalui control station tersebut menuju ke sebuah mesin fax,
atau bahkan ke berbagai nomor tujuan fax.
·
PABX modern bahkan dapat diprogram dengan sistem
komputer untuk melacak setiap telepon masuk dan telepon keluar. Sistem ini
bahkan bisa diatur siapa saja yang boleh melakukan hubungan telepon ke tujuan
tertentu. PABX juga bisa digunakan untuk mengetahui penggunaan telepon karyawan
yang tidak semestinya.
·
PABX juga dapat digunakan sebagai Auto
Attendant, yaitu fitur yang mengarahkan penelepon masuk ke tujuan tertentu
secara otomatis. Fitur ini terutama sangat cocok untuk bisnis skala besar yang
selalu menerima telepon masuk dalam jumlah besar setiap harinya. Anda juga
dapat melakukan conference call menggunakan PABX.
Kelemaha:
- Kualitas suara tidak sejernih jaringan PSTN. Merupakan efek dari kompresi suara dengan bandwidth kecil maka akan ada penurunan kualitas suara dibandingkan jaringan PSTN konvensional. Namun jika koneksi internet yang digunakan adalah koneksi internet pita-lebar / broadband seperti Telkom Speedy, maka kualitas suara akan jernih - bahkan lebih jernih dari sambungan Telkom dan tidak terputus-putus.
- Ada jeda dalam berkomunikasi. Proses perubahan data menjadi suara, jeda jaringan, membuat adanya jeda dalam komunikasi dengan menggunakan VoIP. Kecuali jika menggunakan koneksi Broadband (lihat di poin atas).
- Regulasi dari pemerintah RI membatasi penggunaan untuk disambung ke jaringan milik Telkom.
- Jika belum terhubung secara 24 jam ke internet perlu janji untuk saling berhubungan.
- Jika memakai internet dan komputer di belakang NAT (Network Address Translation), maka dibutuhkan konfigurasi khusus untuk membuat VoIP tersebut berjalan
- Tidak pernah ada jaminan kualitas jika VoIP melewati internet.
- Peralatan relatif mahal. Peralatan VoIP yang menghubungkan antara VoIP dengan PABX (IP telephony gateway) relatif berharga mahal. Diharapkan dengan makin populernya VoIP ini maka harga peralatan tersebut juga mulai turun harganya.
- Berpotensi menyebabkan jaringan terhambat/Stuck. Jika pemakaian VoIP semakin banyak, maka ada potensi jaringan data yang ada menjadi penuh jika tidak diatur dengan baik. Pengaturan bandwidth adalah perlu agar jaringan di perusahaan tidak menjadi jenuh akibat pemakaian VoIP.
- Penggabungan jaringan tanpa dikoordinasi dengan baik akan menimbulkan kekacauan dalam sistem penomoran
BAB III
KESIMPULAN
Telepon IP (Internet Protocol) merupakan telepon teknologi baru yang
menggunakan internet protocol dalam pengoperasiannya. Telepon IP ini dapat
digunakan untuk memindahkan hubungan untuk mengganti suara, mengirim fax,
paket video, dan bentuk penyampaian informasi lainnya yang telah digunakan pada
sistem telepon terdahulu. Telepon IP menggunakan koneksi internet untuk
mengirimkan data.
Kelebihan dari telepon IP adalah biaya lebih rendah untuk
sambungan langsung jarak jauh. Penekanan utama dari VoIP adalah biaya. Dengan
dua lokasi yang terhubung dengan internet maka biaya percakapan menjadi sangat
rendah.
Sedangkan kekurangannya adalah kualitas suara tidak sejernih jaringan
PSTN. Merupakan efek dari kompresi suara dengan bandwidth kecil maka akan ada
penurunan kualitas suara dibandingkan jaringan PSTN konvensional. Namun jika
koneksi internet yang digunakan adalah koneksi internet
pita-lebar / broadband seperti Telkom Speedy,
maka kualitas suara akan jernih - bahkan lebih jernih dari sambungan Telkom dan
tidak terputus-putus.
DAFTAR PUSTAKA
Posting Komentar